Search This Blog

Apa Itu Basarnas dan Apa Saja Tugasnya? Ini Penjelasannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apa Itu Basarnas dan Apa Saja Tugasnya? Ini Penjelasannya
Jul 30th 2023, 18:07, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi apa itu Basarnas, sumber foto: pexels.com/Pixabay
Ilustrasi apa itu Basarnas, sumber foto: pexels.com/Pixabay

Jika sedang ada bencana atau kecelakaan, sering sekali ada tim penolong yang menggunakan baju berwarna oranye. Mereka biasa dikenal dengan sebutan Basarnas. Sebenarnya apa itu Basarnas dan apa saja tugasnya?

Basarna atau Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional merupakan lembaga non kementerian yang bertugas untuk melakukan operasi pencarian dan juga pertolongan. Tidak heran jika Basarnas menjadi garda terdepan ketika ada kecelakaan atau bencana.

Apa Itu Basarnas?

Ilustrasi apa itu Basarnas, sumber foto: pexels.com/Inge Wallumrød
Ilustrasi apa itu Basarnas, sumber foto: pexels.com/Inge Wallumrød

Supaya memahami apa itu Basarnas, maka asal mula organisasi ini perlu diketahui. Jadi, lahirnya organisasi Basarnas di Indonesia diawali dengan adanya penyebutan Black Area bagi negara yang tidak memiliki organisasi SAR.

Dengan berbekal kemerdekaan, maka tahun 1950 Indonesia masuk menjadi anggota organisasi penerbangan internasional ICAO (International Civil Aviation Organization).

Sejak saat ini Indonesia diharapkan bisa menangani berbagai musibah atau kecelakaan yang terjadi di dunia penerbangan maupun dunia pelayaran. Sejak saat itu pula organisasi SAR Indonesia terus berkembang sampai seperti sekarang ini.

Kini Basarnas memiliki perwakilan disetiap daerah yang sigap dalam membantu melakukan pencarian dan juga pertolongan ketika ada kecelakaan atau ada bencana. Selain itu ada beberapa tugas lain yang diemban oleh Basarnas.

Misalnya adalah melakukan penyusunan dan menetapkan norma, standar, prosedur, kriteria serta persyaratan dan prosedur perizinan dalam penyelenggaraan pencarian dan pertolongan.

Selain itu juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan peningkatan pertolongan dan pencarian serta banyak tugas lainnya.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Legislasi dalam Tubuh Pemerintahan Indonesia

Fungsi Basarnas di Indonesia

Ilustrasi apa itu Basarnas, sumber foto: pexels.com/Michael D. Camphin
Ilustrasi apa itu Basarnas, sumber foto: pexels.com/Michael D. Camphin

Dikutip dari laman resmi Basarnas (https://basarnas.go.id/) lembaga ini memiliki beberapa fungsi yang vital. Berikut adalah fungsi Basarnas di Indonesia.

  1. Perumusan dan penetapan norma, standar, prosedur, kriteria, serta persyaratan dan prosedur perizinan dan/atau rekomendasi penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan.

  2. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan, pembinaan tenaga dan potensi, sarana dan prasarana dan sistem komunikasi.

  3. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan standarisasi siaga, latihan, dan pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan.

  4. Perumusan dan penetapan kebutuhan siaga, latihan, dan pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan.

  5. Koordinasi pelaksanaan penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan, pembinaan tenaga dan potensi, sarana dan prasarana dan sistem komunikasi.

  6. Pengembangan dan pelaksanaan sistem informasi dan komunikasi pencarian dan pertolongan.

  7. Pelayanan informasi penyelenggaraan pencarian dan pertolongan.

  8. Pemantauan, analisis,evaluasi, dan pelaporan di bidang pencarian dan pertolongan.

  9. Pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan bidang pencarian dan pertolongan.

  10. Pengelolaan barang milik atau kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

  11. Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

  12. Pengawasan intern atas pelaksanaan tugas di bidangnya.

  13. Pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Penjelasan mengenai apa itu Basarnas dan fungsinya ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mengenai organisasi SAR di Indonesia tersebut. (WWN)

Media files:
01h6j8tp4t6hw5x3yn7tvtc496.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar