Search This Blog

7 Contoh Soal ANBK SMA dan Kunci Jawabannya 2022

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
7 Contoh Soal ANBK SMA dan Kunci Jawabannya 2022
Jul 30th 2023, 21:42, by Berita Terkini, Berita Terkini

Contoh Soal ANBK SMA. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Jess Bailey
Contoh Soal ANBK SMA. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Jess Bailey

Contoh soal ANBK SMA 2022 dan kunci jawabannya dapat dijadikan referensi belajar para siswa dalam menjawab soal-soal ujian nanti. Tujuan pelaksanaan ANBK sendiri adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi bagi para siswa.

Siswa dapat mengukur sejauh mana kemampuan literasi membaca melalui ANBK. Hal ini ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing siswa.

Contoh Soal ANBK SMA

Contoh Soal ANBK SMA. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Jon Tyson
Contoh Soal ANBK SMA. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Jon Tyson

Mengutip dari situs ANBK Kemdikbud (https://anbk.kemdikbud.go.id/), Asesmen Nasional atau ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran.

Agar dapat menjawab soal ANBK dengan baik, para siswa memerlukan latihan soal untuk mengevaluasi hasil belajar selama ini. Berikut contoh soal ANBK SMA beserta dengan jawabannya.

Soal ANBK

Glokalisasi adalah gabungan antara kata global dan lokal yang kemudian mendapatkan imbuhan -isasi untuk menunjukkan sebuah proses. Dalam dunia bisnis, kata tersebut digunakan untuk menyebut adaptasi produk atau jasa terhadap wilayah atau kebudayaan tempat mereka dijual. Dengan kata lain, glokalisasi mendeskripsikan hasil penyesuaian lokal terhadap tekanan global.

Ada satu jargon yang sangat populer dalam glokalisasi, yaitu Think Globally Act Locally! Jargon tersebut bermakna bahwa masyarakat sudah harus berpikir secara mendunia, tetapi tetap tidak melupakan kebudayaan-kebudayaan lokal yang telah membentuknya.

Istilah glokalisasi dipopulerkan oleh Roland Robertson pada tahun 1977 dalam konferensi "Globalization and Indigenous Culture" sebagai suatu konsep yang menekankan bagaimana proses-proses global disesuaikan dengan penerapan, tafsiran, dan adaptasi lokal. Jadi, ada kekuatan global dan lokal yang saling mempengaruhi secara dinamis dan kompleks.

Kata glokalisasi muncul tidak dapat terlepas dari adanya globalisasi, yaitu kondisi ketika orang-orang dan negara-negara di dunia semakin terkait sehingga saling memerlukan dan memengaruhi dalam berbagai bidang. Akan tetapi, tidak semua hal yang berasal dari negara lain dapat diterima di negara sendiri.

Manusia membutuhkan penyesuaian terhadap banyak hal, termasuk penyesuaian terhadap produk-produk di dunia. Selain itu, manusia juga tidak dapat dipengaruhi dengan adat yang tidak ada di sekitar mereka. Penyesuaian ini diperlukan agar masyarakat lokal tetap menjadi bagian dari masyarakat dunia, tetapi tidak kehilangan identitas lokalnya.

Glokalisasi muncul ketika budaya lokal yang dipegang oleh kelompok masyarakat bertemu dengan budaya global yang dibawa oleh sapuan arus globalisasi. Glokalisasi juga terjadi pada banyak bidang di kehidupan manusia, misalnya kuliner, fesyen, teknologi, hingga musik. Adaptasi dari kebudayaan global, tetapi tetap memberikan nuansa lokal adalah langkah yang dilakukan dalam proses glokalisasi.

  1. Apa yang dimaksud dengan glokalisasi?

  2. Berikut yang bukan definisi dari glokalisasi adalah… a. Perpaduan antara konsep lokal dan global b. Berpikir secara global, bertindak secara lokal c. Berpikir secara mendunia dan mengorbankan kebudayaan lokal d. Proses global dipengaruhi oleh nuansa lokal

  3. Apa yang dimaksud dengan jargon?

  4. Mengapa terjadi glokalisasi?

  5. Sekolah sudah membuat mengenai larangan siswa laki-laki untuk memiliki rambut gondrong. Seorang guru menegur Dodi agar segera memotong rambutnya yang sudah terlihat gondrong. Padahal dirinya menyukai model rambutnya sekarang ini. Tindakan yang sebaiknya dilakukan Dodi adalah... a. segera memotong rambutnya sepulang sekolah b. menunggu sampai ditegur kembali, baru kemudian memotong rambutnya. c. mempertahankan gaya rambutnya yang gondrong saat ini. d. membuat alasan agar dimaklumi oleh guru.

  6. Anay diajak temannya untuk datang pada acara jumpa fans artis idolanya, tetapi waktunya bertepatan jadwal bimbingan belajar. Anay sudah memiliki kesepakatan dengan orangtuanya untuk tidak bolos. Tindakan yang sebaiknya dilakukan Anay adalah... a. meminta izin kepada orangtua untuk sekali ini saja membolos bimbingan belajar b. tetap mengikuti bimbingan belajar, tetapi meminta izin pulang lebih awal c. mengikuti ajakan temannya, karena acara tersebut sangat jarang diadakan d. tetap bimbingan belajar dan meminta temannya untuk memvideokan acara tersebut

  7. Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatera Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°. Jika tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter, maka tinggi letusan awan panas gunung tersebut dari puncak gunung adalah... (nilai dari = 1,73) a. 1.796 meter b. 4.256 meter c. 4.260 meter d. 4.320 meter

Kunci Jawaban Soal ANBK

  1. Glokalisasi adalah adaptasi produk atau jasa terhadap wilayah atau kebudayaan tempat mereka dijual atau Glokalisasi adalah proses-proses global dipengaruhi atau ditumbangkan oleh penerapan, tafsiran, dan adaptasi lokal.

  2. C

  3. Glokalisasi muncul ketika budaya lokal yang dipegang oleh kelompok masyarakat bertemu dengan budaya global yang dibawa oleh sapuan arus globalisasi.

  4. Glokalisasi terjadi karena manusia membutuhkan penyesuaian terhadap banyak hal; manusia ingin menjadi bagian dari masyarakat dunia, tetapi tidak ingin kehilangan identitas lokalnya.

  5. A

  6. D

  7. C

Baca juga: 3 Contoh Soal ANBK SMP dan Kunci Jawaban yang Benar

Itulah contoh soal ANBK SMA yang cocok dijadikan bahan belajar di rumah. Soal-soal ini dapat dijadikan tolak ukur terhadap persiapan yang telah dilakukan para siswa dalam menghadapi ujian ANBK. (Gin)

Media files:
01h6e2d7pq44heekrhxtq4gm3v.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar