Search This Blog

Pengertian RSVP dan Cara Penggunaannya yang Tepat

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian RSVP dan Cara Penggunaannya yang Tepat
Jun 24th 2023, 17:52, by Berita Terkini, Berita Terkini

RSVP artinya. Sumber: pexels.com
RSVP artinya. Sumber: pexels.com

Saat menerima undangan untuk acara tertentu, biasanya dalam kertas tersebut akan tertulis kata RSVP. Meski istilah ini relatif familiar, tetapi tak banyak orang yang mengetahui artinya. Adapun secara umum, RSVP artinya adalah tolong tanggapi.

Dengan kata lain, istilah tersebut merujuk pada konfirmasi kehadiran dari orang yang menerima undangan. Jadi, si pemilik acara bisa tahu apakah orang yang mereka undang bisa datang dalam acara tersebut atau tidak.

Pengertian RSVP dan Penggunaannya dalam Bahasa

RSVP artinya. Sumber: pexels,com
RSVP artinya. Sumber: pexels,com

Mengutip dari buku Baby Shower: Tips Lengkap Membuat Pesta Unik dan Berkesan oleh Nadia Mulya (2016:18), RSVP adalah kependekan dari kalimat bahasa Perancis, yakni Répondez s'il vous plaît yang berarti mohon balas dengan konfirmasi kehadiran.

Menurut etiketnya, orang yang menerima undangan tersebut sebaiknya segera memberikan respons sebagai bentuk apresiasi atas jerih payah sekaligus menjadi bentuk hormat kepada host yang menginginkan kehadirannya di acara tersebut.

Biasanya, undangan yang menyisipkan kata RSVP adalah jenis undangan formal, seperti pernikahan, acara pemerintah, kegiatan perusahaan, maupun acara resmi yang lainnya. Sedangkan untuk undangan informal, pemilik acara akan bertanya langsung pada si penerima, apakah bisa hadir atau tidak.

Secara umum, RSVP ini bertujuan untuk menghitung jumlah pasti tamu yang akan hadir di sebuah acara. Hal ini menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan karena nantinya akan berkaitan dengan penentuan jumlah katering, tempat duduk, souvenir, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah, RSVP ini biasanya akan diberi batasan waktu. Misalnya, beberapa hari sebelum pelaksanaan acara. Dengan begitu, maka pihak penyelenggara bisa mengatur segala sesuatu yang dibutuhkan.

Kemudian contoh penggunaan RSVP yang tepat adalah ketika seseorang akan menyelenggarakan pesta atau acara lainnya. Jika si pemilik acara mengharapkan tamu yang diundang membalas atau merespons undangan tersebut, maka bisa menggunakan istilah RSVP ini.

Hal ini dilakukan tentu saja tidak terlepas dari kemampuan si pemilik acara dalam memberi tempat yang nyaman dan pelayanan maksimal bagi para tamu undangan. Biasanya, dalam pemberitahuan RSVP ini, akan terselip kontak yang bisa dihubungi untuk melakukan konfirmasi kedatangan.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-Jenis Surat Undangan

Itu dia penjelasan mengenai istilah RSVP yang kerap muncul dalam undangan formal. (Anne)

Media files:
01h3mdqd2zj7njatqm4zqy7ntn.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts