Search This Blog

Kementerian PUPR: Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Beroperasi di 15 Juni 2023

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kementerian PUPR: Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Beroperasi di 15 Juni 2023
Jun 10th 2023, 18:25, by Angga Sukmawijaya, kumparanBISNIS

Pekerja menyelesaikan perbaikan badan Jalan Tol Cisumdawu di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (7/11/2022). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO
Pekerja menyelesaikan perbaikan badan Jalan Tol Cisumdawu di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (7/11/2022). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO

Kementerian PUPR memastikan pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km akan segera rampung pada pertengahan Juni 2023, sehingga Jalan Tol Cisumdawu dapat beroperasi seluruhnya sepanjang 62 km.

Sebelumnya, Seksi 4-6 Tol Cisumdawu hanya dibuka fungsional saat mudik Lebaran 2023 lalu.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga, Triono Junoasmono, mengatakan pembangunan Seksi 4-Seksi 6 tersebut sudah memasuki tahap akhir, tinggal penyelesaian beberapa titik.

"Tinggal ada beberapa titik yang sedang proses finishing pada parapet dan aspalnya. Secara target kami harus selesaikan semua pada 15 Juni, tetapi secara fisik kami usahakan bisa selesai lebih cepat pada 12 Juni. Sehingga Tol Cisumdawu siap dioperasikan dan diresmikan secara keseluruhan pada bulan Juni ini," kata Triono dalam rilis resmi, dikutip Sabtu (10/6).

Triono menambahkan, untuk pekerjaan landscaping atau penghijauan akan diselesaikan seiring dengan berjalannya operasional Tol Cisumdawu.

"Sesuai arahan Menteri (PUPR), kami akan menambahkan penghijauan di lereng dan bahu jalan. Landscaping sudah mulai kami lakukan di Seksi 4, nanti akan kami replikasikan di seksi lainnya," ujar Triono.

Jasa Raharja Program Mudik 2023 - Suasana Tol Cisumdawu.  Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Jasa Raharja Program Mudik 2023 - Suasana Tol Cisumdawu. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun. Dari 6 seksi, Seksi 1-2 dikerjakan oleh pemerintah melalui APBN sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Saat ini ruas Tol Cisumdawu telah beroperasi Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,45 Km) sejak Januari 2022. Diikuti dengan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (17,05 Km) dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 Km) yang beroperasi sejak Desember 2022.

Media files:
01gh8ktt35m4msafz2b851j262.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar