Search This Blog

Sejarah Singkat dan Tujuan Hari Keanekaragaman Hayati Internasional

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sejarah Singkat dan Tujuan Hari Keanekaragaman Hayati Internasional
May 21st 2023, 07:05, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Hari Keanekaragaman Hayati. Sumber: Pexels.com/David Selbert
Ilustrasi Hari Keanekaragaman Hayati. Sumber: Pexels.com/David Selbert

Hari Keanekaragaman Hayati Internasional jatuh pada tanggal 22 Mei. Artinya, masyarakat di seluruh dunia dapat memperingati hari tersebut setiap tanggal 22 Mei di setiap tahunnya.

Layaknya peringatan hari besar internasional lain, Hari Keanekaragaman Hayati pun mempunyai tujuan serta sejarah. Salah satunya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dunia mengenai masalah keanekaragaman hayati.

Ulasan Singkat tentang Keanekaragaman Hayati

Ilustrasi Hari Keanekaragaman Hayati. Sumber: Pexels.com/David Selbert
Ilustrasi Hari Keanekaragaman Hayati. Sumber: Pexels.com/David Selbert

Penjelasan di atas telah menyebutkan bahwa salah satu tujuan dari Hari Keanekaragaman Hayati Internasional atau International Biodiversity Day adalah meningkatkan kesadaran tentang masalah keanekaragaman hayati. Pasalnya, masalah keanekaragaman hayati memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan di bumi.

Mengutip dari buku berjudul Ringkasan Materi dan Latihan Soal Biologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 karya Kurniati (2020: 17), keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukkan variasi gen, spesies, dan ekosistem di suatu daerah. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa keanekaragaman hayati ini mencakup seluruh kehidupan yang ada di bumi, baik manusia, hewan, tumbuhan, lingkungan (alam), maupun makhluk hidup mikroskopis.

Jika salah satu dari keanekaragaman hayati itu menipis atau punah, maka kehidupan akan terganggu. Contoh adalah berkurangnya hutan di Indonesia membuat orang utan kehilangan habitatnya.

Orang utan menjadi sulit untuk mendapatkan tempat tinggal dan makanan. Jika tidak ada yang memperhatikan dan mengatasi hal itu, populasi orang utan pun dapat punah.

Itu adalah salah satu contoh masalah keanekaragaman hayati. Selain Indonesia, negara-negara di seluruh dunia pun memiliki permasalahan tersendiri. Oleh sebab itu, masyarakat di seluruh dunia perlu memahami dan menyadari masalah keanekaragaman hayati.

Sejarah dan Tujuan Hari Keanekaragaman Hayati Internasional

Ilustrasi Hari Keanekaragaman Hayati. Sumber: Pexels.com/Kelly
Ilustrasi Hari Keanekaragaman Hayati. Sumber: Pexels.com/Kelly

International Biodiversity Day yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kemudian hadir guna meningkatkan pemahaman serta kesadaran masyarakat dunia akan masalah keanekaragaman hayati. Sebenarnya, pada tahun 1994 sampai dengan tahun 2000, Hari Keanekaragaman Hayati Internasional diperingati setiap tanggal 29 Desember.

Baca juga: Sejarah Hari Komunikasi Internasional dan Tujuannya

Namun, pada tahun 2000, International Biodiversity Day berubah menjadi tanggal 22 Mei. Tujuannya adalah memeringati adopsi konvensi yang diselenggarakan di Nairobi, Kenya pada tanggal 22 Mei 1992.

Setelah menyimak penjelasan singkat mengenai Hari Keanekaragaman Hayati di atas, seharusnya manusia mulai menyadari pentingnya menjaga keanekaragaman hayati. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. (AA)

Media files:
01h0tqvyw7nwg02jy34qjzqb56.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar