Search This Blog

Jenis Drama Menurut Masalahnya yang Menarik untuk Diketahui

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jenis Drama Menurut Masalahnya yang Menarik untuk Diketahui
May 21st 2023, 17:27, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jenis Drama Menurut Masalahnya. Foto: dok. Nadim Merrikh (Unsplash)
Ilustrasi Jenis Drama Menurut Masalahnya. Foto: dok. Nadim Merrikh (Unsplash)

Drama merupakan salah satu jenis pertunjukan seni yang menyajikan beragam masalah sesuai dengan tema dan pesan yang ingin disampaikan pada penonton. Penjelasan soal "sebutkan jenis drama menurut masalahnya" dalam artikel ini dapat membantu siswa dalam mengenal jenis-jenis drama sesuai dengan masalah yang disajikan.

Salah satu jenis drama menurut masalahnya adalah drama tragedi. Masih ada sederet jenis drama yang dibedakan berdasarkan masalah yang dibahas di dalamnya yang tak kalah menarik untuk diketahui.

Jenis Drama Menurut Masalahnya Lengkap dengan Ciri Khas Penyajiannya

Ilustrasi Jenis Drama Menurut Masalahnya. Foto: dok. Samantha Weisburg (Unsplash)
Ilustrasi Jenis Drama Menurut Masalahnya. Foto: dok. Samantha Weisburg (Unsplash)

Pertunjukan drama dikenal sebagai salah satu jenis pementasan seni yang menyajikan rangkaian cerita dan ditampilkan oleh sederet aktor. Setiap aktor yang berperan dalam drama memerankan peran yang sesuai dengan naskah drama. Definisi drama dijelaskan dalam buku berjudul Sejarah Seni Budaya, Ida Ayu Trisnawati (2021: 19).

Dikutip dari buku tersebut bahwa drama berasal dari bahasa Yunani yaitu draomai yang berarti berbuat, bertindak, dan sebagainya. Kata drama dapat diartikan sebagai suatu perbuatan atau tindakan. Secara umum, pengertian drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor.

Terdapat beberapa jenis drama yang dibedakan sesuai dengan penyajian masalah yang ditampilkan dalam drama. Berikut ini adalah beberapa jenis drama menurut masalah yang dibahas di dalamnya:

  • Drama tragedi: drama yang berisi penuh dengan kesedihan dengan ujung cerita yang berakhir dengan kedukaan yang mendalam. Dalam drama ini masalah yang disajikan dapat melalui pelaku utama yang selalu mengalami kegagalan dan bernasib buruk

  • Drama komedi: drama yang lucu dan menggelitik. Drama ini menyajikan kelucuan sehingga mengundang tawa penonton.

  • Drama tragedi komedi: drama yang berisi perpaduan antara drama tragedi dan komedi. Dalam drama ini lakonnya penuh kesedihan namun juga mengandung hal-hal yang menggelikan dan mengundang gelak tawa. Dalam drama ini sedih dan tawa disajikan silih berganti.

  • Drama opera: drama yang menyajikan nyanyian dan iringan musik dalam pementasannya

  • Drama melodrama: drama yang menyajikan cerita dramatis yang mrengundang emosi dan kesedihan penonton.

Baca juga: Pengertian Drama dan Jenis-jenisnya Lengkap

Penjelasan lengkap tentang jenis drama menurut masalahnya dapat menambah wawasan khususnya mengenai ragam jenis drama. (DAP)

Media files:
01h0xwnrf7p3twnj1zp1wcd70f.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar