Search This Blog

Pekerjaan Aneh di 2.000 Tahun Lalu, Penata Warnai Rambut Pakai Lintah Busuk

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pekerjaan Aneh di 2.000 Tahun Lalu, Penata Warnai Rambut Pakai Lintah Busuk
Feb 25th 2023, 11:11, by Anggita Aprilyani, kumparanTRAVEL

 Ilustrasi wanita romawi. Foto: Shutterstock
Ilustrasi wanita romawi. Foto: Shutterstock

Rambut adalah salah satu hal yang paling penting saat zaman Romawi. Sebab, seorang wanita ditentukan feminitas, status sosial, hingga bisa dianggap sebagai orang Romawi, jika rambutnya sesuai dengan zaman tersebut.

Termasuk wanita Londinium, pendahulu Romawi, mereka tidak menata rambutnya sendiri, sehingga harus ada seseorang yang menatanya dan disebut sebagai ornatrice.

Ornatrice adalah seorang penata rambut wanita yang sering kali diperbudak oleh majikannya. Pekerjaan ini terakhir kali ada sekitar 2.000 tahun lalu.

Sebagian besar penduduk Londinium terdiri dari orang Inggris yang telah diromanisasi dalam berbagai kasta. Bagi orang Londinium yang ambisius secara sosial, gaya rambut jika disesuaikan dengan pakaian, mandi, dan kebiasaan makan, dapat digunakan untuk menunjukkan cara hidup Romawi.

 Ilustrasi wanita romawi. Foto: Shutterstock
Ilustrasi wanita romawi. Foto: Shutterstock

Dilansir Lapham's Quarterly, ketika Inggris pertama kali dijajah, fashion terutama rambut ngat tinggi dan rumit. Wanita yang mengenakan salah satu dari gaya rumit ini menandakan bahwa mereka cukup kaya untuk menyediakan waktu menata rambutnya.

Lewat rambut juga biasanya mereka langsung terjalin dengan latihan kekuasaan, melalui mode potongan rambut yang dikenal sebagai crines empti.

Saat menata rambut pemiliknya, Ornatrice ditugaskan membuat ramuan unik sesuai dengan kebutuhan dan permintaan mereka.

Kadang-kadang mereka harus mencampur lintah busuk, serangga yang dihancurkan, tinta cumi-cumi, dan empedu untuk membuat pewarna yang lebih gelap, atau menyebarkan kotoran dan abu merpati di atas kepala pemiliknya untuk membuat warna rambut mereka lebih terang.

 Ilustrasi wanita romawi. Foto: Shutterstock
Ilustrasi wanita romawi. Foto: Shutterstock

Jika sang majikan kehilangan sehelai rambut saja, Ornatrice harus mencukur rambut mereka sendiri untuk menggantikan rambut dari pemiliknya.

Tidak sebatas rambut saja, tapi mereka juga mengurusi alis, pipi, bulu ketiak, hingga bibir, supaya sang majikan bisa terlihat sempurna di mata orang lain.

Bukan hanya sebagai penata rambut, Ornatrice merupakan seseorang yang diperbudak untuk bekerja di dalam rumah dan melakukan tugas-tugas yang diberikan oleh majikannya, mulai dari pembersih, pelayan kamar tidur, juru masak, pengasuh anak, pembantu, perawat basah, dan tukang cuci.

Dinilai telah menjadi milik majikannya, tak jarang Ornatrice dieksploitasi secara seksual atau menerima perlakuan kasar untuk setiap pelanggaran.

Media files:
01gjhsp631yk2dwpjdkjg8zh05.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar