Search This Blog

Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Lengkap dengan Jawabannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Lengkap dengan Jawabannya
Feb 25th 2023, 17:03, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Lengkap dengan Jawabannya (Foto: Eliott Reyna | Unsplash.com)
Ilustrasi Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia Lengkap dengan Jawabannya (Foto: Eliott Reyna | Unsplash.com)

Bahasa Indonesia adalah salah satu pelajaran wajib di sekolah. Dalam pelajaran ini, terdapat berbagai bentuk soal yang berbeda-beda seperti soal menjodohkan. Kalian bisa berlatih dengan mengerjakan contoh soal menjodohkan bahasa Indonesia dalam artikel ini.

Soal dalam artikel ini juga dilengkapi dengan jawabannya. Namun, agar kalian bisa benar-benar menguasai jenis soal ini, kalian harus mengerjakan soalnya sendiri dan hanya menggunakan kunci jawaban untuk mengecek saja. Berikut ini soal dan kunci jawabannya.

Baca juga: 5 Contoh Soal Teks Hikayat Bahasa Indonesia beserta Jawabannya

Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia

Ilustrasi Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia (Foto: Lilartsy | Unsplash.com)
Ilustrasi Contoh Soal Menjodohkan Bahasa Indonesia (Foto: Lilartsy | Unsplash.com)

Apa itu soal menjodohkan? Merujuk pada buku Penyusunan Tes Tertulis oleh Hamid (2019), menjodohkan adalah salah satu bentuk soal pilihan. Soal menjodohkan merupakan bentuk soal yang terdiri dari dua kolom yang paralel, yang masing-masing kata, angka, atau simbol dari satu kolom dipasangkan dengan kata, frase atau kalimat pada kolom yang lain.

Pada soal menjodohkan, soal pada kolom yang harus dicarikan pasangannya disebut dengan premes dan soal pada kolom yang berisi sejumlah pilihan yang akan dipilih disebut sebagai respon.

Soal menjodohkan sesuai digunakan untuk mengetes hal yang bersifat faktual seperti kata, nama tokoh, peristiwa, tanggal, istilah asing, dan sebagainya. Berikut ini contoh soal menjodohkan bahasa Indonesia yang dikutip dari Think Smart Bahasa Indonesia untuk Kelas XII SMA/MA oleh Kusmayadi (2007):

  1. Homonim adalah jenis kata-kata yang memiliki kesamaan ejaan dan bunyi, namun berbeda…

  2. Suatu kata yang maknanya telah tercakup oleh kata yang lain disebut…

  3. Persaingan untuk duduk di bangku perguruan tinggi negeri kian meningkat. Oleh karena itu, para siswa kelas tiga harus benar-benar gigih dalam belajar. Kalimat tersebut termasuk kalimat majemuk…

  4. (a) Pagi-pagi ia sudah pergi untuk melaksanakan apel di kantornya. (b) Ibu membeli apel di supermarket. Kedua kalimat tersebut bermakna…

  5. Rangkaian ujar atau rangkaian tindak tutur yang mengungkapkan suatu hal (subjek) yang disajikan secara teratur, sistematis dalam satu kesatuan yang koheren, dan dibentuk oleh unsur segmental maupun nonsegmental bahasa disebut…

a. Homograf

b. Setara

c. Wacana

d. Kata khusus

e. Arti

Jawaban:

  1. e.

  2. d.

  3. b.

  4. a.

  5. c.

Demikian contoh soal menjodohkan bahasa Indonesia lengkap dengan jawabannya. Dengan rajin mengerjakan soal menjodohkan, kalian akan semakin memahami materi pelajaran. Selamat belajar! (KRIS)

Media files:
01gt3xmtm6s6tb63vrgjqn72dj.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar