Search This Blog

Dalil Silaturahmi dan Hadisnya dalam Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Dalil Silaturahmi dan Hadisnya dalam Islam
Apr 22nd 2023, 17:41, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Dalil Silaturahmi. (Foto: Brooke Cagle | Unsplash.com)
Ilustrasi Dalil Silaturahmi. (Foto: Brooke Cagle | Unsplash.com)

Umat muslim dianjurkan untuk menjaga silaturahmi dengan kerabat atau teman. Dengan silaturahmi, umat muslim dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama. Terlebih lagi ada banyak dalil silaturahmi yang menyinggung hal tersebut.

Apa saja dalil yang membahas tentang silaturahmi? Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui dalil-dalilnya dalam agama Islam.

Mengenal Silaturahmi dalam Islam

Ilustrasi Dalil Silaturahmi. (Foto: Priscilla Du Preez | Unsplash.com)
Ilustrasi Dalil Silaturahmi. (Foto: Priscilla Du Preez | Unsplash.com)

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan istilah silaturahmi? Istilah silaturahmi berasal dari Bahasa Arab yang artinya adalah hubungan keluarga yang bertalian darah.

Sementara itu, dikutip dari buku dengan judul Keajaiban Shalat, Sedekah dan Silaturahmi karya Syarbini (2011), Ibnu Abi Hamzah mendefinisikan silaturahmi dengan menyampaikan kebaikan yang mungkin disampaikan, dan menghilangkan keburukan yang mungkin dihilangkan, sesuai dengan kesanggupan.

Silaturahmi merupakan kegiatan yang sangat disarankan untuk dilakukan oleh umat Islam. Terlebih lagi pada saat Hari Raya Idul Fitri. Bahkan dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa umat muslim yang menyambung silaturahmi merupakan orang yang beriman kepada hari akhir.

Dalil Silaturahmi Untuk Umat Islam

Lantas, apa saja dalil silaturahmi? Berikut dalil-dalil tentang silaturahmi yang wajib umat Islam ketahui.

1. Hadis Perintah untuk Menjaga Silaturahmi

Hadis yang membahas mengenai perintah untuk bersilaturahmi diriwayatkan oleh Abu Ayyub Al-Anshari sebagai berikut.

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ، وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ، ذَرْهَ

Artinya: "Beribadah pada Allah SWT dengan sempurna jangan syirik, dirikanlah sholat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orang tua dan saudara." (HR Bukhari).

2. Hadis tentang Keutamaan Silaturahmi

Terdapat banyak keutamaan silaturahmi. Hal itu sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW sebagai berikut.

(Hakikat) orang yang menyambung silaturahmi itu bukan orang yang membalas kebaikan (dengan kebaikan), akan tetapi ia yang apabila silaturahminya terputus, bergegas menyambungnya." (HR Bukhari).

Baca juga: Contoh Kata-Kata Undangan Silaturahmi Lebaran yang Sederhana

3. Hadis tentang Silaturahmi Melapangkan Rezeki

Rasulullah SAW bersabda bahwa umat muslim yang memelihara tali silaturahmi dengan saudaranya, maka akan dilapangkan rezekinya.

Dari Ibnu Syaib dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Anas bin Malik bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa ingin dilapangkan pintu rizqi untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturahmi." (HR Bukhari) [Shahih no. 5986 versi Fathul Bari].

Itu tadi tiga dalil tentang silaturahmi. Sebagai umat Islam, sudah seharusnya kita menjaga tali silaturahmi dengan sesama agar mendapatkan banyak keutamaannya. (FAR)

Media files:
01gyfnv17zrp7fb3cb4y0jq69j.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar