Search This Blog

Jenis-Jenis Alat Musik, Contoh, dan Cara Memainkannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jenis-Jenis Alat Musik, Contoh, dan Cara Memainkannya
Dec 29th 2023, 19:44, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jenis-Jenis Alat Musik. Sumber: Unsplash/Mohammadreza
Ilustrasi Jenis-Jenis Alat Musik. Sumber: Unsplash/Mohammadreza

Seni musik adalah salah satu cabang seni yang digemari banyak orang. Musik bisa dihasilkan dari jenis-jenis alat musik yang berbeda. Berdasarkan fungsinya, alat musik dikategorikan menjadi tiga jenis.

Setiap jenis alat musik penting untuk diketahui, terutama bagi yang mendalami bidang musik. Dengan begitu, setiap jenis alat musik bisa digunakan sesuai dengan fungsinya.

Mengenal Jenis-Jenis Alat Musik beserta Contoh dan Cara Memainkannya

Ilustrasi Jenis-Jenis Alat Musik. Sumber: Unsplash/Mohammadreza
Ilustrasi Jenis-Jenis Alat Musik. Sumber: Unsplash/Mohammadreza

Musik sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kebudayaan. Setiap kebudayaan memiliki musik dan alat musiknya masing-masing. Setiap jenis alat musik dimainkan dengan cara yang berbeda dan akan menghasilkan suara yang berbeda juga.

Mengutip dari Sejarah Musik dan Apresiasi Seni, Widhyatama (2012:36), alat musik adalah media untuk melakukan kegiatan bermusik. Setiap alat musik memiliki bunyi, fungsi, dan karakter yang berbeda-beda.

Perpaduan antara beberapa jenis alat musik akan menghasilkan sebuah lagu atau musik yang harmonis dan enak didengar. Tentunya, orang yang memainkan alat musik harus memahami tentang jenis alat musik.

Berikut adalah penjelasan jenis-jenis alat musik berdasarkan fungsinya.

1. Alat Musik Melodis

Alat musik melodis merupakan jenis alat musik yang menghasilkan nada. Bunyi dari alat musik ini akan mengatur nada utama pada lagu atau musik. Jenis alat musik ini dibagi lagi berdasarkan cara memainkannya sebagai berikut.

  • Alat musik tiup: seruling, pianika, terompet, dan saxophone.

  • Alat musik petik: gitar, sasando, ukulele, mandolin, dan kecapi.

  • Alat musik gesek: biola dan cello.

  • Alat musik tekan: piano, akordeon, organ, dan keyboard.

  • Alat musik hisap: harmonika.

  • Alat musik getar atau goyang: angklung.

2. Alat Musik Harmonis

Jenis selanjutnya adalah alat musik harmonis. Jenis ini fungsinya untuk memainkan harmoni pada lagu. Berikut beberapa contoh alat musik harmonis adalah gitar, piano, keyboard, organ, dan lain sebagainya.

3. Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah jenis alat musik yang fungsinya untuk menghasilkan ritme atau irama saat dimainkan. Beberapa alat musik yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah drum set, ketipung, kendang, bongo, dan konga.

Baca juga: Pengertian Melodi dalam Seni Musik

Jenis-jenis alat musik sangat penting untuk dipelajari agar bisa dimainkan dengan tepat dan menghasilkan nada yang bagus. Selamat belajar! (KRIS)

Media files:
01hjtfy5ftmd2wk8e1tr4vtcgx.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar