Search This Blog

Anies: Kalau Indonesia Maju, Pendidikan Harus Maju, Guru Hidupnya Tenang

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Anies: Kalau Indonesia Maju, Pendidikan Harus Maju, Guru Hidupnya Tenang
Jul 29th 2023, 11:52, by Nadia Riso, kumparanNEWS

Bacapres Anies Baswedan di Diskusi Pendidikan BelajaRaya, Sabtu (29/7/2023).  Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan
Bacapres Anies Baswedan di Diskusi Pendidikan BelajaRaya, Sabtu (29/7/2023). Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan

Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan berbicara tentang kesejahteraan guru yang harus diperhatikan pemerintah. Ia pun menyingung tentang keinginan Indonesia maju di masa depan.

Menurutnya, Indonesia akan maju jika pemerintah memperhatikan kesejahteraan guru dan tenaga pendidik. Indonesia Maju merupakan tagline pemerintahan Presiden Jokowi di periode keduanya.

"Kami berharap guru-guru menjadi pribadi yang menginspirasi, selalu mencari kebaruan, selalu menjadi sesuatu yang memancing pertanyaan, yang memancing rasa ingin tahu. Jadi posisi pendidik, posisi guru yang ingin menurut saya yang harus didorong lebih jauh lagi. Dan kalau kita ingin Indonesia maju, ya, pendidikannya harus maju," kata Anies dalam diskusi pendidikan BelajaRaya di Jakarta Pusat, Sabtu (29/7).

"Artinya gurunya harus maju dan termasuk gurunya juga harus tenang. Tenang itu maksudnya apa? Ya, pendapatannya harus cukup gitu. Kalau enggak cukup, ya, enggak bisa tenang juga hidupnya," lanjutnya.

Ilustrasi guru di sekolah inklusi. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi guru di sekolah inklusi. Foto: Shutter Stock

Eks Mendikbud itu juga menuturkan guru merupakan pekerjaan yang harus dihormati. Dia mencontohkan salah satu program yang dibuat saat memimpin Kemendikbud yang selalu memprioritaskan guru.

"Program Dikbud dengan Garuda, ada tempat check-in khusus untuk guru. Sehingga guru tidak perlu antre. Bahkan kemudian di bengkel-bengkel guru datang tidak perlu antre. Penghormatan kepada guru itu harus kita kembalikan menjadi kebiasaan di masyarakat," kata dia.

Anies juga mengatakan saat menjadi Gubenur DKI, dirinya membebaskan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi para guru.

"Kenapa? Kan, kehadiran dia di situ sudah memberikan kontribusi. Kontribusi dia bukan dalam bentuk bayar pajak, Kontribusinya dalam bentuk mendidik, menginspirasi, mencerahkan," kata dia.

Anies Sebut Pemerintah Seringkali Tak Libatkan Aktivis Pendidikan

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyebut sering mendapatkan keluhan terkait pemerintah yang tidak melibatkan aktivis pendidikan dalam membuat program kerja.

"Saya ingat, deh, ketika ngobrol tentang pesat pendidikan waktu itu, spiritnya juga ikut. Begitu banyak aktivis pendidikan dengan berbagai macam terobosan kenapa pemerintah tidak membuka pintu dan mengajak mereka terlibat," kata dia.

Karena itu, saat menjabat sebagai Mendikbud, Anies berupaya untuk melibatkan segala elemen masyarakat dalam membuat kebijakan.

"Jadi pada waktu itu, apa yang disebut sebagai terobosan dan lain-lain, itu sebenernya adalah hasil dari kolaborasi dengan teman-teman penggiat pendidikan yang ada di luar. Yang tanda tangan memang harus menteri, namanya juga surat keputusan. Tapi sesungguhnya ide gagasan bukan dari internal, justru ini terjadi karena ada kolaborasi," tutup Anies.

Media files:
01h6fzbgswc9kxkb1tc9mqhyx2.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar