Jun 8th 2024, 20:43, by Berita Terkini, Berita Terkini
Salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan shortcut CTRL + S. Selain cara tersebut, masih ada cara lainnya yang dapat dilakukan untuk dapat menyimpan workbook yang telah dikerjakan.
Dengan cara ini, hasil pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan Excel dapat tersimpan dengan baik. Sebelum memahami cara menyimpan hasil pekerjaan dalam workbook di Excel, penting untuk mengetahui fungsi Excel.
Salah Satu Cara Menyimpan Workbook pada Excel
Mengutip dari dalam buku berjudul Migrant Workers Empowerment: Literasi Digital untuk Pekerja Migran Indonesia, Yutika Amelia Effendi dkk, (2021: 48), Microsoft Excel adalah program aplikasi spreadsheet pengolah angka yang dikembangkan oleh Microsoft.
Microsoft Excel dapat disebut sebagai suatu perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data dalam bentuk baris dan kolom. Selain mengolah angka, Microsoft Excel ini juga digunakan untuk menyajikan data dalam format grafik dan tabel.
Dalam Microsoft Excel pengguna biasanya menggarap pekerjaan dalam suatu workbook atau buku kerja. Workbook yang digunakan untuk menggarap pekerjaan dalam Microsoft Excel tentu perlu disimpan.
Penyimpanan dokumen pekerjaan dalam workbook dilakukan agar pengguna dapat membuka kembali hasil pekerjaan yang telah diselesaikannya. Salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan shortcut CTRL+S.
Shortcut yang telah disebutkan di atas berfungsi untuk menyimpan buku kerja atau workbook baru di lokasi penyimpanan yang sudah ada.
Cara Menyimpan Workbook pada Excel Lainnya
Selain menggunakan shortcut CTRL+S pengguna juga dapat menyimpan workbook atau buku kerja dengan cara lain, yaitu dengan memilih opsi "Simpan Sebagai" atau menu "Save As".
Opsi tersebut dapat digunakan jika pekerjaan yang dikerjakan dalam workbook adalah pekerjaan baru yang akan disimpan untuk pertama kalinya.
Dengan menu tersebut, pengguna dapat memilih lokasi atau folder penyimpanan baru yang dituju untuk membuat salinan workbook yang sudah dibuat sebelumnya. Cara tersebut juga dapat dilakukan untuk menyimpan workbook baru dalam folder atau tempat penyimpanan baru.
Pembahasan mengenai salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan shortcut CTRL+S ini dapat dijadikan sebagai panduan bagi pengguna Microsoft Excel untuk menyimpan pekerjaannya agar tidak terhapus. (DAP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar