Search This Blog

Sinonim Indah dalam Tesaurus Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sinonim Indah dalam Tesaurus Bahasa Indonesia
Jan 8th 2023, 17:05, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sinonim Indah dalam Tesaurus Bahasa Indonesia (Foto: Gulfer Ergin | Unsplash.com)
Ilustrasi Sinonim Indah dalam Tesaurus Bahasa Indonesia (Foto: Gulfer Ergin | Unsplash.com)

Bahasa adalah hal yang sangat penting karena dengan bahasa kita bisa berkomunikasi dengan orang lain. Dalam mempelajari bahasa, terdapat banyak materi yang harus dipahami. Salah satu materinya adalah sinonim. Apa sinonim indah?

Sebelum bisa menjawab pertanyaan tersebut, kalian harus mengerti apa yang dimaksud dengan sinonim. Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Arti Kata dan Sinonim Rajin dalam Tesaurus Bahasa Indonesia

Sinonim Indah dan Pengertian Sinonim dalam bahasa Indonesia

Ilustrasi Sinonim Indah dan Pengertian Sinonim (Foto: Olga Tutunaru | Unsplash.com)
Ilustrasi Sinonim Indah dan Pengertian Sinonim (Foto: Olga Tutunaru | Unsplash.com)

Apa pengertian sinonim? Matsna dalam Kajian Semantik Arab (2016) menjelaskan bahwa kata sinonim berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu 'syn' yang berarti dengan dan 'onoma' yang berarti nama.

Sedangkan menurut Tarigan dalam Kajian Semantik Arab oleh Matsna (2016) sinonim adalah kata-kata yang mengandung makna pusat yang sama tetapi berbeda dalam nilai rasa.

Berikut ini sinonim indah yang dilansir dari tesaurus.kemdikbud.go.id:

cantik, elok, menarik, bagus, apik, ayu, molek, gagah, tampan, asri, bahari, hasan, rancak, rapi, terpuji, adiluhung, agung, agus, ala, azam, azim, aziz, besar (ki), dikara, fadil,, jalil, kudus, linuhung, luhur, megah, muktabar, mulia, murni, paramarta, rafi, raya, sami, sani, syahdu, terala, tinggi, artistik; estetik, estetis, memesona, memikat, menawan; ornamental.

Jenis-Jenis Sinonim

Sinonim dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini penjelasannya yang dikutip dari Top One Psikotes Terlengkap oleh Tim Bintang Psikologi (2019):

  1. Sinonim mutlak. Merupakan kata-kata yang bisa bertukar tempat dalam konteks kebahasaan apa saja tanpa mengubah makna struktural dan leksikal dalam rangkaian kata, frasa, atau kalimat. Contoh: surat kabar = koran.

  2. Sinonim semirip. Merupakan kata-kata yang bisa bertukar tempat dalam konteks kebahasaan tertentu tanpa mengubah makna struktural dan leksikal dalam rangkaian kata, frasa, atau kalimat. Contoh: lahiriah = jasmaniah.

  3. Sinonim selingkung. Merupakan kata-kata yang bisa bertukar tempat dalam konteks kebahasaan tertentu saja secara struktural dan leksikal. Contoh: lemas = lemah.

  4. Sinonim netral. Merupakan sinonim yang bisa digunakan dalam satu kalimat yang sama. Contoh: pakaian Ira berwarna kuning = baju Ira berwarna kuning.

  5. Sinonim berkonotasi. Merupakan sinonim yang tidak bisa digunakan dalam satu kalimat yang sama karena nilainya berbeda. Contoh: mati = meninggal = gugur; Ayam Pak Joni mati ditabrak angkot tadi pagi; Nenek Ira meninggal satu bulan yang lalu; Pahlawan gugur di medan perang.

Demikian ulasan mengenai sinonim indah dan jenis-jenis sinonim dalam bahasa Indonesia yang harus dipahami. (KRIS)

Media files:
01gp5rktpmjxr4vrq6yzkgfxf7.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar