Search This Blog

Pengertian Termometer Laboratorium dan Jenis-jenisnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Termometer Laboratorium dan Jenis-jenisnya
Jan 1st 2023, 17:15, by Berita Terkini, Berita Terkini

Pengertian Termometer Laboratorium dan Jenis-jenisnya
Ilustrasi Pengertian Termometer Laboratorium, Foto Unsplash Matteo Fusco

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan termometer. Ya, termometer adalah alat yang sering digunakan untuk mengukur suhu. Bahkan termometer sering ditemukan di banyak rumah dan dipakai ketika ada anggota keluarga yang sakit.

Namun pernahkah kamu mendengar istilah termometer laboratorium? Jika belum, kira-kira apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar istilah itu? Ayo cek asumsimu dengan membaca artikel tentang pengertan termometer laboratorium dan jenis-jenisnya di bawah ini

Baca juga: Tata Cara Menggunakan Termometer dengan Benar

Pengertian Termometer Laboratorium

Berdasarkan buku IPA TERPADU Berbasis Sciencetechnopreneurship oleh Sri Jumini, S. Pd., M. Pd, dkk (2022:89), termometer terdiri dari beberapa jenis. Termometer klinis, misalnya, digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia, sementara termometer laboratorium digunakan untuk mengukur suhu benda selain tubuh manusia.

Selain itu sesuai namanya, termometer laboratorium menjadi termometer yang sering digunakan di laboratorium. Jadi, biasanya termometer ini akan digunakan ketika seseorang sedang menguji berbagai hal di laboratorium.

Secara umum, termometer ini serupa dengan termometer klinis yang biasa kita temukan di kehidupan sehari-hari karena memiliki fungsi yang sama dalam pengukuran suhu panas. Bedanya hanya di tempat penggunaan dan objek yang diukur saja.

Pengertian Termometer Laboratorium dan Jenis-jenisnya (1)
Ilustrasi Pengertian Termometer Laboratorium, Foto Unsplash Manki Kim

Jenis-jenis Termometer Laboratorium

Ada berbagai jenis termometer laboratorium, yakni:

1. Termometer Raksa

Sesuai namanya, termometer ini menggunakan zat cair yang bernama raksa. Cara kerjanya adalah ketika suhu meningkat, maka udara akan memuai sehingga volume raksa akan ikut naik.

2. Termokopel

Termokopel merupakan termometer yang memakai dua jenis logam berbeda. Cara kerjanya adalah keitka suhu berubah, maka arus listrik juga akan berubah. Kuat arus inilah yang diukur sehingga kita bisa mengetahui suhunya.

3. Termometer Optik

Sesuai namanya, cara kerja termometer ini memakai perubahan cahaya yang mana logam akan berubah warna berdasarkan suhu yang diukur.

4. Termometer Hambat Listrik

Seperti namanya, cara kerja termometer ini adalah memakai hambat listrik yang menggunakan bahan platina. Jadi bila suhu naik, maka hambatan pada platina juga akan naik.

5. Termometer Gas

Termometer ini memiliki tabung kaca berisi gas yang tersambung dengan manometer. Cara kerjanya adalah gas dalam tabung tersebut akan terurai bila suhu naik sehingga membuat cairan pada manometer mati atau menguap. Seiring hal tersebut terjadi, maka suhu yang terukur pun ikut naik.

Demikian pengertian dan jenis-jenis termometer laboratorium. Semoga bisa menambah wawasanmu. (LOV)

Media files:
01gnm091t153c1skbdky85dfpb.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar