Search This Blog

Pengertian Discovery Learning beserta Kelebihannya dalam Pembelajaran

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Discovery Learning beserta Kelebihannya dalam Pembelajaran
Oct 19th 2024, 20:54, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Discovery learning adalah, sumber gambar: unsplash/Alexander Wende
Ilustrasi Discovery learning adalah, sumber gambar: unsplash/Alexander Wende

Discovery learning adalah suatu metode pembelajaran ketika peserta didik terlibat secara aktif dalam proses menemukan konsep atau keterampilan baru. Caranya yaitu melalui eksplorasi dan pemecahan masalah.

Metode pembelajaran ini dikembangkan oleh Jerome Bruner, seorang psikolog pendidikan. Bruner percaya bahwa siswa dapat belajar lebih efektif saat mereka bisa menemukan informasi sendiri dibandingkan hanya menerima informasi secara pasif dari guru.

Pengertian Discovery Learning

Ilustrasi Discovery learning adalah, sumber gambar: unsplash/Kelly Sikkema
Ilustrasi Discovery learning adalah, sumber gambar: unsplash/Kelly Sikkema

Mengutip buku Model Pembelajaran Discovery Learning Sukses Pembelajaran IPA oleh Hersen Strauning (2023), discovery learning adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga menuntut mereka untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah.

Metode ini berfokus pada proses belajar yang mengedepankan pemahaman konsep secara mendalam melalui penelitian dan pencarian.

Siswa berkesempatan untuk menemukan materi secara mandiri dengan panduan guru yang berperan sebagai fasilitator. Jadi, guru tidak memberikan jawaban atau informasi secara langsung, melainkan membantu siswa dalam mengajukan pertanyaan yang mengasah keterampilan berpikirnya.

Kelebihan Discovery Learning

Ilustrasi Discovery learning adalah, sumber gambar: unsplash/Sarah Noltner
Ilustrasi Discovery learning adalah, sumber gambar: unsplash/Sarah Noltner

Discovery learning memiliki sejumlah kelebihan yuntuk siswa. Beberapa keunggulan metode pembelajaran ini yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Pemahaman Mendalam

Discovery learning membantu siswa menemukan pengetahuan secara mandiri melalui proses eksplorasi. Hal ini memungkinkan mereka untuk memahami materi secara lebih mendalam. Pengetahuan tersebut didapatkan melalui pengalaman langsung, sehingga lebih lama diingat.

2. Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa yang ikut serta dalam pembelajaran interaktif cenderung lebih termotivasi saat mereka berhasil menemukan pengetahuan baru. Mereka cenderung merasa lebih percaya diri dan mempunyai rasa kepuasan tersendiri yang dapat meningkatkan motivasi belajar mereka.

3. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif

Discovery learning juga menuntut siswa untuk berpikir lebih kritis dalam menganalisis data dan menemukan solusi. Proses ini membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan problem solving untuk kehidupan sehari-hari.

4. Meningkatkan Kemandirian Belajar

Dengan discovery learning, siswa dapat berlatih untuk belajar secara mandiri, sehingga tidak terlalu bergantung pada guru. Mereka berkesempatan untuk lebih aktif, bertanggung jawab, dan dan berpikir kritis dalam memecahkan masalah.

5. Pembelajaran yang Lebih Bermakna

Dikarenakan menemukan pengetahuan secara langsung, maka siswa dapat mengeksplorasi pembelajaran secara lebih kontekstual dan sesuai dengan kehidupan nyata. Siswa dapat menghubungkan konsep yang dipelajari dengan situasi yang ada di luar kelas, sehingga membuat pembelajaran lebih bermakna.

6. Fleksibilitas dalam Pembelajaran

Discovery learning memberikan ruang untuk siswa untuk belajar sesuai tingkat kecepatan dan gaya belajar. Proses ini memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi materi lebih personal dan menyesuaikan dengan ritme belajar mereka.

Baca juga: Perbedaan Model dan Metode Pembelajaran yang Perlu Diketahui oleh Pengajar

Discovery learning adalah metode pembelajaran yang bisa diaplikasikan di kelas. Dengan begitu, siswa bisa lebih mandiri dalam belajar dan menemukan materi pembelajaran. (DLA)

Media files:
01jaj50nrfrh85hsq1b1r4tcc1.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar