Search This Blog

Berapa Lama Daging Kurban Bisa Disimpan di Freezer?

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Berapa Lama Daging Kurban Bisa Disimpan di Freezer?
Jul 7th 2024, 11:00, by Ela Nurlaela, kumparanFOOD

Ilustrasi Mencuci Daging Foto: Shutterstock/Halfpoint
Ilustrasi Mencuci Daging Foto: Shutterstock/Halfpoint

Setelah perayaan Idul Adha, banyak dari kita yang masih memiliki sisa daging kurban di rumah, bukan? Agar daging tetap awet, kebanyakan dari kita menyimpan daging sisa kurban di kulkas atau freezer.

Namun, seberapa lama sebaiknya kita menyimpan sisa daging kurban? Menurut chef celebrity, Yuda Bustara, jika daging tidak akan segera digunakan, disarankan untuk menyimpannya dalam freezer. Daging dapat bertahan hingga 6 bulan dalam freezer, asalkan dikemas dengan rapat agar kualitasnya tetap terjaga.

Holycow's kitchen takeover Chef Yuda Bustara. Foto: Ela Nurlaela/kumparan
Holycow's kitchen takeover Chef Yuda Bustara. Foto: Ela Nurlaela/kumparan

"Kalau saya jika dagingnya tidak di freezer boleh langsung dihabiskan kira-kira dalam waktu satu bulan, boleh dimarinasi dulu boleh disimpan dalam freezer jadi meresap. Kalau dalam freezer bisa dalam 6 bulan," kata Chef Yuda di acara Media Session-Holycow's Kitchen Takeover di Mal Gandaria City beberapa waktu lalu.

Selain itu, Chef Yuda juga menyarankan untuk mengolah sebagian daging terlebih dahulu agar lebih mudah saat diolah nantinya.

"Kalau saya dapat daging banyak biasanya saya proses dulu setengahnya biasanya, misalnya dengan menggunakan metode presto untuk membuatnya lebih empuk. Baru sisanya saya sajikan dengan saus atau bumbu lainnya," tambahnya.

Agar Daging Kurban Tahan Lama. Foto: Kiagoos Aulianshah/kumparan
Agar Daging Kurban Tahan Lama. Foto: Kiagoos Aulianshah/kumparan

Sebelumnya, kumparan juga telah mengulas bagaimana cara menyimpan daging kurban agar tahan lama, ternyata meski disimpan di dalam freezer, tidak serta-merta membuat daging dapat bertahan hingga waktu yang lama, lho.

Nah, agar manfaat dan kesegaran daging tetap dirasakan, penting untuk menyimpan daging dalam freezer dengan suhu -17 derajat celsius.

Ada juga cara lain agar daging kurban tetap segar dan bisa bertahan lama, yaitu dengan memotongnya sebelum disimpan. Cara ini sangat efektif dalam memperkecil risiko bakteri berbahaya menempel di permukaan daging.

Dengan memotong daging terlebih dahulu sebelum menyimpannya, kamu juga tidak perlu mengeluarkan dan memasukkan daging bolak-balik ke dalam kulkas. Hal ini memudahkanmu dalam memasak dengan menggunakan bahan sebanyak yang dibutuhkan saja, dan meminimalisir sisa daging dari paparan bakteri di luar.

Media files:
kebnfly7rsczqok9uzqr.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar