Search This Blog

Faktor yang Mendorong Berkembangnya Islam di Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Faktor yang Mendorong Berkembangnya Islam di Indonesia
Mar 24th 2024, 18:11, by Berita Terkini, Berita Terkini

Faktor yang Mendorong Berkembangnya Islam di Indonesia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Rumman Amin
Faktor yang Mendorong Berkembangnya Islam di Indonesia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Rumman Amin

Islam merupakan salah satu agama yang berkembang dengan pesat di Indonesia dan kini menjadi agama mayoritas. Faktor yang mendorong berkembangnya Islam di Indonesia adalah agama Islam itu sendiri.

Di mana agama ini bisa menyatu dengan kebiasaan masyarakat Indonesia pada saat itu sehingga tidak muncul banyak penolakan. Padahal jika menilik sejarah Islam baru masuk setelah adanya kepercayaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Faktor yang Mendorong Berkembangnya Islam di Indonesia adalah Sebagai Berikut

Faktor yang Mendorong Berkembangnya Islam di Indonesia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Levi Meir Clancy
Faktor yang Mendorong Berkembangnya Islam di Indonesia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Levi Meir Clancy

Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia dengan jumlah penganut lebih dari 88%. Sejarah Islam di Indonesia telah dimulai sejak abad ke-7 Masehi, dan hingga saat ini Islam terus berkembang pesat di berbagai pelosok negeri.

Dikutip dari buku Sejarah Peradaban Islam, Suyuthi Pulungan, (2022), ada banyak faktor yang mendorong berkembangnya Islam di Indonesia. Mulai dari kemudahan masuknya, hingga model penyebarang yang digunakan oleh para ulama. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Kesederhanaan dari Ajaran Islam

Salah satu yang menjadi daya tarik dari agama Islam pada masa awal kemunculannya di Indonesia adalah kesederhanaannya. Di mana untuk masuk Islam tidak perlu syarat yang sulit karena hanya perlu mengucapkan dua kalimat syahadat saja.

Selain itu ajaran Islam yang sederhana dan mudah dipahami dalam Islam juga tidak mengenal sistem kasta dan memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh orang. Hal tersebut sedikit berbeda dengan ajaran-ajaran yang ada sebelumnya.

2. Toleransi

Islam di Indonesia berkembang pesat karena sifatnya yang toleran dan mudah beradaptasi dengan budaya lokal. Islam tidak memaksakan kehendaknya kepada budaya yang sudah ada, tetapi justru berakulturasi dengan budaya tersebut.

3. Politik dan Kekuasaan

Beberapa kerajaan di Nusantara, seperti Samudra Pasai, Malaka, dan Demak, menjadikan Islam sebagai agama resmi kerajaan. Hal ini mendorong rakyatnya untuk memeluk agama Islam.

4. Pendidikan

Para ulama Islam mendirikan pesantren-pesantren untuk menyebarkan ilmu pengetahuan agama dan bahasa Arab. Pesantren-pesantren ini menjadi pusat pendidikan Islam yang melahirkan banyak ulama dan pemuka agama.

5. Perkawinan

Para pedagang muslim yang menetap di Nusantara sering menikah dengan penduduk lokal. Perkawinan ini kemudian melahirkan keturunan yang beragama Islam. Keturunan ini kemudian menjadi agen penting dalam menyebarkan Islam kepada keluarga dan masyarakatnya.

Baca juga: Penjelasan Singkat Sejarah Perkembangan Islam di Asia

Berdasarkan ulasan tersebut faktor yang mendorong berkembangnya Islam di Indonesia adalah faktor seperti kesederhanaan, toleransi hingga perkawinan. Faktor-faktor tersebut membuat Islam mudah diterima di kalangan masyarakat Indonesia dan berkembang pesat hingga saat ini. (WWN)

Media files:
01hsq4vsm170pbtb84jzjf3hg2.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar