Search This Blog

Doa Perjalanan Bismillahi Tawakkaltu: Teks Arab, Latin, dan Artinya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Doa Perjalanan Bismillahi Tawakkaltu: Teks Arab, Latin, dan Artinya
Mar 24th 2024, 18:09, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Doa Perjalanan Bismillahi Tawakkaltu, Foto: Unsplash/simon2579.
Ilustrasi Doa Perjalanan Bismillahi Tawakkaltu, Foto: Unsplash/simon2579.

Dalam Islam, sebelum mengawali segala sesuatu itu harus diawali dengan berdoa. Seperti membaca doa perjalanan bismillahi tawakkaltu sebelum berpergian ini, sangat dianjurkan. Agar ketika melakukan perjalanan senantiasa diberikan keselamatan.

Selain itu, berdoa sebelum keluar rumah atau berpergian adalah salah satu bentuk umat muslim mengingat Allah dalam setiap aktivitasnya. Sehingga bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk meminta perlindungan dari segala bahaya yang mungkin akan terjadi.

Doa Perjalanan Bismillahi Tawakkaltu

Ilustrasi Doa Perjalanan Bismillahi Tawakkaltu, Foto: Unsplash/chanakon laorob.
Ilustrasi Doa Perjalanan Bismillahi Tawakkaltu, Foto: Unsplash/chanakon laorob.

Dikutip dari buku Mutiara Iman: Edisi 2 karya Tim Mutiara Media (2012: 40), segala sesuatu itu harus diawali dengan berdoa. Apalagi keluar rumah dan akan melakukan perjalanan. Dengan dilandasi doa, niscaya keselamatan dan kelancaran akan diperoleh.

Selain itu, perjalanan juga akan bernilai ibadah karena melalui doa yang dipanjatkan, sisi batin dibawa dalam kesadaran untuk selalui mengingat Allah dengan segala keagungan-Nya.

Berikut adalah doa perjalanan bismillahi tawakkaltu mulai dari teka Arab, Latin, dan artinya sebagai panduan.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi, tawakkaltu 'alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

Doa ini bisa dibaca umat muslim ketika melakukan perjalanan jauh dan baru keluar rumah. Doa ini memiliki makna bahwa segala sesuatu yang terjadi di perjalanan, baik itu hal yang tidak diinginkan sekali pun, semuanya terjadi atas kehendak Allah Swt.

Manusia hanya bisa meminta pertolongan dan kekuatan Allah Swt. dan memohon untuk dimudahkan perjalanannya, serta melindunginya dalam segala mara bahaya yang mungkin terjadi.

Selain doa tersebut, umat muslim juga bisa membaca doa bepergian lainnya. Seperti membaca doa perjalanan agar perjalanan menjadi lebih mudah ditempuh. Doanya yaitu sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allahumma hawwin 'alainaa safaranaa hadzaa waatwi 'annaa bu'dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa dan Doa Makan Sahur

Demikian pembahasan mengenai doa perjalanan bismillahi tawakkaltu. Dengan membaca doa diharapkan umat muslim mampu mengembangkan sikap tawakal dan kepasrahan kepada Allah Swt. (Umi)

Media files:
01hsmymh5n2yyz6x7g4wecnr29.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar