Search This Blog

Cerita Warga Dusun Bolo Sitaro yang Mengungsi karena Erupsi Gunung Karangetang

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cerita Warga Dusun Bolo Sitaro yang Mengungsi karena Erupsi Gunung Karangetang
Aug 12th 2023, 11:19, by Tim Manado Bacirita, Manado Bacirita

Sejumlah warga yang harus tinggal di pengungsian akibat peningkatan aktivitas Gunung Karangetang di Kabupaten Sitaro.
Sejumlah warga yang harus tinggal di pengungsian akibat peningkatan aktivitas Gunung Karangetang di Kabupaten Sitaro.

SITARO - Lebih dari satu pekan, warga yang tinggal di Kelurahan Tarorane dan Kelurahan Tatahadeng, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Sitaro (Siau Tagulandang Biaro), harus mengungsi akibat peningkatan aktivitas Gunung Karangetang, yang hingga kini masih terjadi erupsi efusif.

Costasi Tatipang, warga Dusun Bolo, Kelurahan Tarorane, menceritakan suka duka menjadi seorang pengungsi akibat erupsi Gunung Karangetang. Orang tua lanjut usia (Lansia) ini menyebutkan jika sudah berkali-kali dia mengungsi.

"Ya, kalau tidak salah, ini (mengungsi) sudah yang ketiga kalinya," kata wanita berusia 73 tahun tersebut.

Dikatakan Costasi, soal kendala ketika harus mengungsi, di mana saat proses evakuasi tergolong tidaklah mudah, terutama untuk sang suami yang saat ini tidak bisa lagi berjalan secara normal dan harus menggunakan alat bantu.

"Itu kendalanya, tapi untungnya kami selalu dibantu saat evakuasi, seperti dari pihak TNI yang secara langsung membantu suami saya hingga ke lokasi pengungsian," ucapnya.

Lanjut dikatakan Costasi, berada di lokasi pengungsian ada suka dukanya. Dikatakannya, berkaitan dengan semua kebutuhan harian di tempat pengungsian tidak ada kendala, untuk makan, minum, dan lain sebagainya, itu telah disiapkan pemerintah.

"Jadi kami di sini boleh dikatakan enak, karena semuanya sudah disediakan," ujarnya.

"Dan sampai saat ini tidak ada masalah."

Kendati begitu di balik jaminan prima pemerintah tersebut, Costasi mengaku tak bisa mengesampingkan hal ketika meninggalkan rumah berhari-hari bukanlah perkara yang mudah, karena akan banyak pekerjaan rumah yang terbengkalai.

"Kami kan punya hewan ternak, beberapa pekerjaan yang menjadi sumber kelangsungan hidup kami, itu yang tak bisa dilakukan, karena harus mengungsi," tuturnya.

Ia pun berharap semoga aktivitas gunung secepatnya bisa kembali normal sehingga mereka sudah bisa kembali ke rumah masing-masing.

Sementara itu, Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen, meminta warga yang ada di pengungsian untuk tetap bersabar menyikapi kondisi saat ini. Dan ia memastikan bahwa pemerintah akan selalu memperhatikan semua kebutuhan warga yang ada di lokasi pengungsian.

"Diharapkan semua warga yang mengungsi tetap bersabar. Pemerintah Daerah selalu berupaya memenuhi semua kebutuhan selama di tempat pengungsian," ujar Evangelian kembali.

franky salindeho

Media files:
01h7kzfer0ryebxj3ec2mk2ef3.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar