Search This Blog

Antonim Labil dan Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Sifatnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Antonim Labil dan Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Sifatnya
Jul 22nd 2023, 20:51, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi antonim labil. Sumber: pexels/Polina Zimmerman
Ilustrasi antonim labil. Sumber: pexels/Polina Zimmerman

Antonim labil dalam Bahasa Indonesia adalah stabil. Secara umum, labil dapat dipahami sebagai kondisi yang cenderung berubah-ubah. Labil seringkali digunakan untuk menyebut kondisi psikologis orang yang mudah berubah sesuai suasana hati.

Salah satu ciri orang dengan sifat labil adalah mudah terpengaruh. Sebaliknya, jika seseorang mempunyai sifat yang teguh maka pendiriannya kuat. Sifat labil biasanya ditemukan saat seseorang berada pada fase remaja.

Arti dan Antonim Labil

Ilustrasi antonim labil. Sumber: pexels/Cottonbro Studio
Ilustrasi antonim labil. Sumber: pexels/Cottonbro Studio

Antonim adalah istilah untuk menyebut lawan kata. Mengutip buku Kamus Pintar Sinonim, Antonim, dan EYD Bahasa Indonesia, Aisyah Atikah Deasy, S.Pd (2015: 6), antonim dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

Antonim Berpasangan

Antonim berpasangan adalah kata-kata yang secara makna jelas bertentangan karena didasarkan pada makna pasangannya sehingga tidak bisa dipertentangkan tanpa kehadiran makna pasangannya. Jika salah satu unsur dinegatifkan, tidak serta merta memunculkan pasangannya. Contoh: pembeli >< penjual.

Antonim Melengkapi

Antonim melengkapi adalah kata-kata secara makna bertentangan, tapi kehadiran makna salah satu kata bersifat melengkapi kehadiran makna yang lain. Contoh: pertanyaan >< jawaban.

Antonim Berjenjang

Antonim berjenjang adalah kata-kata yang secara makna mengandung pertentangan, tetapi pertentangan makna ini bersifat berjenjang/bertahap/bertingkat. Contoh: mahal >< wajar >< murah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata labil memiliki arti sebagai berikut:

  • Goyah, tidak mantap, dan tidak kokoh (tentang bangunan, pendirian, dan lain sebagainya).

  • Goyang, tidak tenang (tentang kendaraan, kapal, pesawat terbang dan lain sebagainya).

  • Tidak tetap, cenderung berubah-ubah, naik turun (tentang harga barang, nilai uang, dan sebagainya).

  • Tidak stabil, cenderung berubah.

  • Tidak seimbang dan mudah berubah.

Dari penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa antonim dari kata labil antara lain stabil, ajek, konstan, mantap, dan mapan.

Sifat labil adalah sifat yang cenderung berubah-ubah atau tidak teguh pendirian. Mengutip buku Perkembangan Peserta Didik oleh Trsi Suwarno Handoko Novyanto, S.Pd (2022: 100), ciri-ciri orang dengan sifat labil adalah tergesa-gesa, bernafsu, sentimental, mudah tergugah, khawatir, dan bimbang. Selain itu, orang dengan sifat labil cenderung tidak teguh pendirian sehingga mudah terpengaruh oleh sekelilingnya.

Baca juga: Mengenal Sifat Labil dalam Diri Seseorang dan Ciri-Cirinya

Itulah ulasan mengenai antonim labil dalam Bahasa Indonesia dan ciri-ciri orang dengan sifat labil. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan mengenai kosakata dalam Bahasa Indonesia. (IND)

Media files:
01h5ydw765qepnceyhrbs118gh.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar