Search This Blog

Berapa Banyak Pelukan yang Dibutuhkan Seorang Anak dalam Sehari?

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Berapa Banyak Pelukan yang Dibutuhkan Seorang Anak dalam Sehari?
Apr 29th 2023, 18:57, by Eka Nurjanah, kumparanMOM

Berapa Banyak Pelukan Sehari yang Dibutuhkan Seorang Anak? Foto: Shutterstock
Berapa Banyak Pelukan Sehari yang Dibutuhkan Seorang Anak? Foto: Shutterstock

Orang tua idealnya paham bahwa anak kecil membutuhkan pelukan hangat dan digendong dengan nyaman. Bahkan, anak kecil atau yang sudah lebih dewasa membutuhkan pelukan rutin dari orang tua.

Moms, meski sudah menjadi rahasia umum, namun masih banyak orang tua yang belum paham bagaimana atau seberapa sering anak seharusnya mendapat pelukan.

Lalu, dalam sehari seharusnya berapa kali orang tua memeluk anak?

Sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya kita mengenal fungsi pelukan. Dikutip dari laman Verywell Family, pelukan bisa melepaskan oksitosin atau yang sering disebut dengan hormon cinta.

Bahkan ada bukti yang menunjukkan bahwa pelukan dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi keparahan penyakit, dan membantu orang pulih dari konflik antarpribadi.

Penulis dan terapis keluarga Virginia Satir menuliskan berapa kali seseorang membutuhkan pelukan dalam satu hari.

"Kita membutuhkan empat pelukan sehari untuk bertahan hidup. Kita membutuhkan delapan pelukan sehari untuk pemeliharaan. Kita membutuhkan 12 pelukan sehari untuk pertumbuhan," tulis Virginia.

Ilustrasi anak dan ibu. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi anak dan ibu. Foto: Shutter Stock

Menurut studi tahun 2020 yang diterbitkan Frontiers in Psychiatry, studi telah menemukan bahwa kehangatan orang tua menawarkan manfaat penting bagi anak-anak, dan telah dikaitkan dengan keberhasilan akademik dan keterampilan pengaturan diri yang lebih baik. Menerima kehangatan dari orang tua juga membantu anak menjadi lebih tangguh sepanjang hidup.

Sementara, Direktur psikologi di Children's Hospital New Orleans, Diane Franz, mengatakan salah satu cara terbaik untuk mengungkapkan kehangatan sebagai orang tua adalah melalui pelukan.

"Pelukan adalah simbol cinta dan kasih sayang dan merupakan cara mudah untuk menunjukkan emosi positif. Pelukan menyampaikan tingkat keakraban antara orang-orang yang terlibat, dan biasanya mencerminkan hubungan yang positif," ujar Franz.

Franz menuturkan pelukan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti salam, selamat tinggal atau sebagai cara untuk berbagi momen positif dengan anak Anda. Tidak ada aturan kapan dan bagaimana berpelukan: ikuti insting Anda dan sebarkan cinta.

Menurut Franz, sebenarnya tidak ada jumlah pelukan yang dibutuhkan seorang anak untuk berkembang.

"Tidak ada angka ajaib, dan anak-anak bervariasi dalam jumlah kasih sayang fisik yang mereka inginkan dan butuhkan," kata Franz.

Dia menambahkan bahwa sebagai aturan umum, anak-anak yang lebih muda biasanya mencari lebih banyak pelukan daripada anak-anak yang lebih tua.

"Tapi itu bisa bervariasi dengan masing-masing anak dan bergantung pada tingkat kenyamanan mereka dengan kasih sayang fisik," ujar Franz.

Media files:
01gxn5qcz4kqn3mq79fzp8ap4d.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar