Search This Blog

Uraian Ceramah Agama Islam tentang Sikap Sabar

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Uraian Ceramah Agama Islam tentang Sikap Sabar
Jan 8th 2023, 18:16, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Ceramah Agama Islam. Sumber: Unsplash.com/Rumman Amin
Ilustrasi Ceramah Agama Islam. Sumber: Unsplash.com/Rumman Amin

Ceramah merupakan salah satu kegiatan untuk berbicara di depan umum. Hal ini sebagaimana makna kata ceramah yang ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu:

Pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa ceramah merupakan pidato mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Artinya, ketika berbicara tentang ceramah agama Islam, kita sedang berbicara tentang pidato yang memiliki muatan agama Islam.

Untuk memperjelas pembahasan tentang ceramah agama Islam, berikut adalah contoh ceramah singkat tentang sikap sabar yang dapat disimak. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah contoh ceramah singkat. Jadi, untuk mendapatkan penjelasan yang lebih terperinci mengenai konsep sabar, memerlukan pembelajaran lebih lanjut bersama ustaz atau guru agama Islam.

Baca juga: 2 Contoh Ceramah Ramadhan Singkat beserta Nama Penceramahnya

Contoh Ceramah Agama Islam Singkat tentang Sabar

Ilustrasi Umat Islam. Sumber: Unsplash.com/Fadkhera Official
Ilustrasi Umat Islam. Sumber: Unsplash.com/Fadkhera Official

Assalamu'alaikum warrahamtullahi wabarakatuh.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT. Sebelum memulai kegiatan pada hari ini, marilah kita panjatkan puji serta syukur kita kepada Allah SWT sebab atas kehendak-Nya kita dapat berkumpul pada kegiatan ini dalam keadaan sehat walafiat. Selain itu, marilah kita panjatkan selawat serta salam kepada Nabi kita, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam juga kepada keluarganya dan para sahabatnya.

Saudara muslimku yang InsyaAllah diberkahi oleh Allah SWT, kali ini kita akan membahas tentang sabar. Sabar merupakan kata yang sangat sering kita dengar, kita ucap, dan kita baca. Bahkan, sering kali kata sabar menjadi sebuah kata yang klise.

Jangan. Jangan sampai kita menganggap kata sabar sebagai kata yang klise.

Kata sabar ini adalah kata yang memiliki makna. Kata sabar ini adalah kekuatan bagi seorang muslim. Mengutip dari buku Hikmah Sabar karya Pracoyo Wiryoutomo (2009: 2), ada penjelasan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah tentang sabar

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, penulis berbagai kitab dan murid dari Ibnu Taimiyah, sabar adalah menahan jiwa dari berputus asa, meredam amarah yang bergejolak, mencegah lisan berkeluh-kesah, menahan anggota badan dari berbuat kemungkaran. Sabar merupakan akhlak mulia dari lubuk jiwa yang dapat mencegah dengannya akan tegak dan baik segala perkara.

MasyaAllah. Ya, seluar biasa itu sabar. Sabar adalah salah satu kekuatan yang Allah SWT berikan dan anjurkan untuk hamba-Nya. Salah satu ayat Alquran yang menjelaskan tentang sabar adalah Surat Al Baqarah ayat 153 yang berbunyi,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ ١٥٣
Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

MasyaAllah, Maha Benar Allah atas segala firman-Nya. Selain itu, ada pula ayat yang menjelaskan janji Allah bagi orang yang bersabar. Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat An Nahl ayat 96,

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ بَاقٍۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْٓا اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ٩٦
Artinya: Apa yang ada di sisimu akan lenyap dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Kami pasti akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang selalu mereka kerjakan.

Jadi, semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa mampu bersabar. Sekian ceramah kali ini.

Kebenaran hanya milik Allah SWT, sedangkan kesalahan datang dari manusia itu sendiri. Semoga Allah mengampuni kesalahan yang kita sengaja dan yang tidak kita sengaja. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sekian uraian tentang ceramah agama Islam kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat belajar agama Islam bersama ahlinya (guru agama Islam atau ustaz). (AA)

Media files:
01gp7wq2tyy1wxwtx81487091j.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar