Search This Blog

Memahami Fungsi Autoklaf sebagai Benda Bertekanan Tinggi

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Memahami Fungsi Autoklaf sebagai Benda Bertekanan Tinggi
Jan 1st 2023, 18:18, by Berita Terkini, Berita Terkini

Memahami Fungsi Autoklaf sebagai Benda Bertekanan Tinggi
Ilustrasi Fungsi Autoklaf sebagai Benda Bertekanan Tinggi. Sumber: Unsplash.com/Ricardo Gomez Angel

Autoklaf atau autoclave merupakan sebuah benda bertekanan tinggi yang memiliki fungsi sebagai alat sterilisasi. Autoklaf dapat melakukan fungsi sebagai alat sterilisasi dengan adanya tekanan tinggi.

Guna memahami cara kerja dan fungsi autoklaf, mari simak informasi selengkapnya di sini! Pastikan membaca hingga tuntas agar tidak ada informasi yang terlewat, ya!

Baca juga: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsi Spektrofotometer

Mengenal Fungsi Autoklaf, Benda Bertekanan Tinggi untuk Sterilisasi

Memahami Fungsi Autoklaf sebagai Benda Bertekanan Tinggi (1)
Ilustrasi Membaca tentang Fungsi Autoklaf. Sumber: Unsplash.com/Sarah Noltner

Susanti, dkk. (2021: 99) dalam bukunya yang berjudul Teknik Pengelolaan Laboratorium menjelaskan bahwa,

Autoclave terdiri dari dua kaya, yakni auto berasal dari bahasa Yunani yang berarti diri dan clavis dari bahasa Latin yang berarti kunci.

Berdasarkan asal-usul katanya, auto-clavis dapat diartikan sebagai mengunci diri, alat pengunci diri, atau ruang kedap yang terkunci dan tertutup rapat. Jadi, dapat dipahami bahwa wujud dari benda autoklaf ini adalah benda yang memiliki pengunci.

Selain itu, adapun pengertian autoklaf menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu alat pensterilan berupa ruangan kedap udara yang menguapkan air jenuh yang dipanaskan di atas suhu 100 derajat Celsius dan tekanan lebih dari 1 atmosfer. Merujuk pada pengertian menurut KBBI, kita dapat memahami bahwa,

Cara kerja autoklaf untuk proses sterilisasi adalah dengan menguapkan air jenuh yang dipanaskan di atas suhu 100 derajat Celsius dan tekanan lebih dari 1 atmosfer.

Lantas mengapa autoklaf disebut sebagai benda yang dapat digunakan sebagai sterilisasi? Pasalnya, mikroba atau organisme berukuran mikroskopis dapat mati ketika bersentuhan dengan suhu tinggi.

Radhina, dkk. (2022: 31) dalam bukunya yang berjudul Modul Praktikum Instrumen Media dan Reagnesia menjelaskan bahwa,

Autoclave merupakan teknik sterilisasi paling efisien karena adanya uap panas akan memperbesar penetrasi uap air ke sel mikroba dan distribusi panas lebih merata sehingga mempercepat kematian mikroba.

Jadi, jelas bahwa fungsi autoklaf adalah sebagai alat untuk melakukan sterilisasi baik pada benda laboratorium maupun media. Sekian uraian informasi tentang autoklaf kali ini. (AA)

Media files:
01gnnkj8tgxjfvsgyckyz5t3nk.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar