Search This Blog

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 84 SMP Kurikulum Merdeka

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 84 SMP Kurikulum Merdeka
Aug 27th 2024, 21:02, by Berita Terkini, Berita Terkini

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 84. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Free Old
Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 84. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Free Old

Kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 84 tentang esai dapat para siswa pelajari di rumah. Esai adalah sebuah tulisan yang mengungkapkan pandangan, pendapat, atau argumen penulis terhadap suatu topik tertentu.

Bagian isi esai menguraikan argumen atau analisis penulis secara lebih mendalam, sering kali disertai dengan bukti atau contoh. Penutup esai berfungsi untuk merangkum poin-poin utama dan memberikan kesimpulan yang kuat.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 84

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 84. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Jonas
Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 84. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Jonas

Dikutip dari buku Inilah Esai, Muhidin (2020: 34), esai biasanya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagian pendahuluan, penulis memperkenalkan topik dan memberikan gambaran umum tentang apa yang akan dibahas.

Esai digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan menulis secara terstruktur dan logis. Untuk memahaminya, berikut adalah kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 84 Kurikulum Merdeka tentang esai yang dapat para siswa pelajari di rumah.

1. Soal

  1. Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua?

  2. Mengapa pantai barat Inggris lebih besar curah hujannya dibandingkan dengan bagian lainnya?

  3. Mengapa Benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan faunanya?

  4. Jelaskanlah sebaran penduduk Asia dan faktor yang mempengaruhinya!

  5. Mengapa sejumlah negara maju di Eropa seperti Jerman memiliki angka kelahiran dan kematian yang rendah?

2. Jawaban

  1. Bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua karena loksi di pedalaman umumnya lebih susah dijangkau. Hal ini mengakibatkan transportasi lebih sulit dan membuat mobilitas orang serta barang menjadi sulit juga. Dengan begitu maka perdagangan sulit berkembang dan kota besar sebagai pusat ekonomi dan pemukiman sulit berkembang.

  2. Pantai barat Inggris lebih besar curah hujannya jika dibandingkan dengan bagian lainnya karena wilayah barat Inggris berbatasan ekslusif dengan Samudera Atlantik yang luas.

  3. Benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan fauna karena wilayahnya yang luas dan tidak terkesplorasi oleh manusia. Terutama adalah daerah gurun. Hal ini membuat makhluk hidup dapat berkeliaran dengan bebas.

  4. Ada beberapa negara dengan jumlah terbesar penduduknya, seperti China, India, dan Indonesia. Adapun faktor yang menyebabkan penduduk negara tersebut memiliki jumlah yang besar adalah karena iklim, letak geografis, dan kesuburan tanah yang mempengaruhinya

  5. Sejumlah negara maju di Eropa seperti Jerman memiliki angka kelahiran dan kematian yang rendah adalah karena penduduk dengan usia muda kurang memiliki minat untuk berkeluarga. Sementara itu, tingkat kesehatan di sana sangat maju seperti tingkat pendidikannya.

Baca juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 45 Kurikulum Merdeka

Itulah penjelasan lengkap mengenai kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 84 SMP tentang esai yang dapat para siswa pelajari di rumah. (Gin)

Media files:
01j6933myde59s97mr1bc1zr0z.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts