Search This Blog

Fungsi dan Peran Swasta dalam Ekonomi Bangsa

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Fungsi dan Peran Swasta dalam Ekonomi Bangsa
Nov 17th 2023, 18:46, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan fungsi dan peran swasta dalam ekonomi bangsa. Sumber: pexels/nic law
Ilustrasi jelaskan fungsi dan peran swasta dalam ekonomi bangsa. Sumber: pexels/nic law

Ada sebuah pertanyaan tentang jelaskan fungsi dan peran swasta dalam ekonomi bangsa. Pertanyaan tersebut penting untuk dipahami karena sebenarnya peran swasta begitu penting dalam perkembangan ekonomi suatu bangsa.

Suatu bangsa tidak akan terlepas dari peran swasta, termasuk dalam bidang ekonomi. Dalam ekonomi suatu bangsa, pihak swasta berperan sebagai investor atau pembiayaan infrastruktur bagi jalannya roda perekonomian.

Jelaskan Fungsi dan Peran Swasta dalam Ekonomi Bangsa!

Ilustrasi jelaskan fungsi dan peran swasta dalam ekonomi bangsa. Sumber: pexels/tom fisk
Ilustrasi jelaskan fungsi dan peran swasta dalam ekonomi bangsa. Sumber: pexels/tom fisk

Untuk mencapai suatu target perekonomian, pemerintah seperti Indonesia sendiri membutuhkan anggaran yang tidaklah sedikit. Anggaran pemerintah hanya akan mampu memenuhi 20-30% dari total pembiayaan infrastruktur perekonomian.

Sektor swasta diharapkan untuk memenuhi 70-80% kebutuhan pendanaan infrastruktur perekonomian tersebut. Artinya, jika diminta untuk jelaskan fungsi dan peran swasta dalam ekonomi bangsa, maka jawabannya adalah fungsi dan peran swasta sangat penting.

Fungsi dan peran pihak swasta membantu ekonomi bangsa dengan pembiayaan anggaran. Pembiayaan anggaran tersebut untuk mewujudkan penyerapan tenaga kerja, sehingga dapat memberikan peningkatan daya beli dan kreatifitas masyarakat, serta menambah pemasukan negara.

Mengutip buku Analisis Model Kebijakan Kerja Sama Pemerintah-Swasta dalam Pembangunan Infrastruktur, Latif Adam (2014), pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai peraturan yang memungkinkan terjadinya kerja sama pemerintah dan swasta (KPS) dalam pembiayaan infrastruktur.

Dikeluarkannya Peraturan Presiden No. 67 tahun 2005 tentang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastuktur adalah langkah awal untuk memperkuat peran swasra dalam pembiayaan infrastruktur ekonomi.

Salah satu motivasi utama pelaksanaan KPS dalam pembangunan infrastruktur adalah karena keterbatasan anggaran pemerintah.

Dalam konteks ini, program-program pembangunan infrastruktur ekonomi yang ditawarkan melalui skema KPS harus memungkinkan swasta mendapatkan keuntungan.

Keterlibatan swasta dalam KPS diharapkan akan memberikan ruang gerak yang lebih luas kepada pemerintah untuk memfokuskan alokasi anggaran untuk proyek-proyek yang berorientasi pada ekonomi bangsa.

Dukungan kebijakan ekonomi pemerintah adalah faktor yang penting untuk mendukung proses kegiatan ekonomi. Semakin kondusif iklim bisnis yang dibangun pemerintah akan menghasilkan perkembangan ekonomi bangsa yang semakin baik.

Hal ini menjadi sinyal dari prospek kebutuhan pembangunan infrastruktur yang semakin besar sehingga mendorong pihak swasta untuk terlibat dalam program KPS untuk ekonomi bangsa.

Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa keberhasilan program KPS ini akan sangat ditentukan oleh:

  1. Keberadaan dan kepastian hukum dan peraturan terkait.

  2. Keberadaan dukungan kelembagaan yang terkait, termasuk unit pengelola KPS, lembaga pembiayaan dan penjaminan.

  3. Dinamika perkembangan ekonomi dan dukungan kebijakan ekonomi yang kondusif bagi pembangunan infrastruktur ekonomi yang diprioritaskan.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi untuk Penyelesaian Permasalahan Pokok Ekonomi Makro

Demikian uraian jawaban jika diminta untuk jelaskan fungsi dan peran swasta dalam ekonomi bangsa. Untuk mewujudkan ekonomi bangsa yang baik memang tidak terlepas dari semua peran termasuk swasta. (ARD)

Media files:
01hfe446msqwme6n9z6twpefzh.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar