Search This Blog

Memahami Asas-Asas Pemilu di Indonesia dan Contoh Penerapannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Memahami Asas-Asas Pemilu di Indonesia dan Contoh Penerapannya
Nov 17th 2023, 18:42, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan Asas-Asas Pemilu di Indonesia. Sumber: Unsplash/Element5 Digital
Ilustrasi Jelaskan Asas-Asas Pemilu di Indonesia. Sumber: Unsplash/Element5 Digital

Salah satu instruksi yang dapat muncul saat mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan adalah jelaskan asas-asas pemilu di Indonesia. Ketika mendapat instruksi seperti itu, seseorang perlu menyebutkan setiap asas dan memberikan penjelasan yang lengkap.

Asas pemilu (pemilihan umum) di Indonesia terdiri dari enam aspek, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Setiap warga negara Indonesia perlu menerapkan enam aspek tersebut saat proses pemilihan umum berlangsung.

Jelaskan Asas-Asas Pemilu di Indonesia!

Ilustrasi Jelaskan Asas-Asas Pemilu di Indonesia. Sumber: Unsplash/Glen Carrie
Ilustrasi Jelaskan Asas-Asas Pemilu di Indonesia. Sumber: Unsplash/Glen Carrie

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pelajaran yang membahas berbagai hal seputar Indonesia, baik itu bentuk negara, peraturan, maupun sistem pemerintahannya. Oleh karena itu, tidak heran jika ada soal seputar pemilu dalam pelajaran tersebut.

Salah satu contoh soal tentang pemilu, yaitu jelaskan asas-asas pemilu di Indonesia. Cara menjawab soal tersebut adalah menyebutkan enam asas pemilu (pemilihan umum) dan memberi penjelasan dari setiap asas secara lengkap.

Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan 2 SMA Kelas XI, Hasim (2007: 47), berikut adalah asas pemilihan umum berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2003.

  1. Langsung, yaitu rakyat sebagai pemilih memiliki hak untuk memberikan suaranya secara langsung sesuai kehendak hati nurani atau tanpa perantara.

  2. Umum, yaitu pada dasarnya semua warga negara yang memenuhi persyaratan sesuai dengan undang-undang pemilu berhak mengikuti pemilu. Artinya, terdapat jaminan kesempatan bagi semua warga negara tanpa diskriminasi.

  3. Bebas, yaitu setiap warga negara bebas menentukan pilihannya sesuai dengan hati nurani dan kepentingannya tanpa tekanan atau paksaan dari orang lain, serta dijamin keamanannya.

  4. Rahasia, yaitu dalam memberikan suaranya, pemilih dijamin pilihannya tidak akan diketahui oleh pihak manapun.

  5. Jujur, yaitu dalam penyelenggaraan pemilu, setiap penyelenggara pemilu, aparat pemerintah, peserta pemilu, pengawas pemilu, pemantau pemilu, pemilih, serta semua pihak yang terkait harus bersikap dan bertindak jujur sesuai dengan perundang-undangan.

  6. Adil, yaitu setiap pemilih dan peserta pemilu mendapat perlakuan yang sama serta bebas dari kecurangan dari berbagai pihak.

Enam asas pemilu tersebut biasa dikenal dengan istilah Luber Jurdil. Istilah itu adalah singkatan dari Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil.

Contoh Penerapan Asas Pemilu

Ilustrasi Jelaskan Asas-Asas Pemilu di Indonesia. Sumber: Unsplash/Cyrus Crossan
Ilustrasi Jelaskan Asas-Asas Pemilu di Indonesia. Sumber: Unsplash/Cyrus Crossan

Setiap warga negara perlu menerapkan asas pemilihan umum (pemilu) dengan baik. Adapun contoh penerapan asas pemilu, yaitu

  1. Kina mempunyai hak untuk memberi suaranya secara langsung pada pemilu. (Langsung)

  2. Kina merupakan warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun pada saat pemilu tahun 2024. Oleh karena itu, Kina mempunyai hak untuk memilih saat pemilu tersebut. (Umum)

  3. Kina bebas menentukan calon presiden yang hendak dirinya pilih saat pemilu. (Bebas)

  4. Pilihan Kina dijamin tidak akan diketahui oleh berbagai pihak. (Rahasia)

  5. Kina melakukan pemilihan dengan jujur sesuai dengan perundang-undangan. (Jujur)

  6. Kina mendapatkan perlakuan yang sama dengan warga lain saat melaksanakan pemilu. (Adil)

Baca juga: Pengertian Pemilu, Prinsip dan Fungsinya

Jadi, kunci untuk menjawab jelaskan asas-asas pemilu di Indonesia adalah memahami setiap asas dengan baik. Oleh karena itu, setiap warga negara Indonesia perlu mengenal asas-asas pemilu yang meliputi langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. (AA)

Media files:
01hfebpw785kb2d88s5p7h5mxw.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar