Search This Blog

Hadiri Hub Space x KAI Expo 2023, Jokowi Jajal Taksi Drone EHang 216

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hadiri Hub Space x KAI Expo 2023, Jokowi Jajal Taksi Drone EHang 216
Sep 29th 2023, 22:17, by Ochi Amanaturrosyidah, kumparanNEWS

Presiden Joko Widodo saat menghadiri Hub Space x KAI Expo 2023  Foto: Dok. Setwapres
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Hub Space x KAI Expo 2023 Foto: Dok. Setwapres

Presiden Jokowi menghadiri Hub Space x KAI Expo 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (29/9). Dalam kunjungannya itu, Jokowi yang didampingi oleh Executive Chairman Prestige Aviation, Rudy Salim, sempat menjajal duduk di dalam taksi drone EHang 216 secara langsung.

"Saya yakin urban air mobility adalah masa depan transportasi Indonesia. Semoga dengan komitmen kami, kami dapat memajukan transportasi Indonesia," ucap Rudy Salim saat mendampingi Jokowi.

Rudy Salim menyebut, ia siap berinvestasi dan melakukan uji terbang di Ibu Kota Nusantara. Ia menjelaskannya, saat ini EHang 216 sudah diuji coba dengan penumpang di sejumlah negara seperti Belanda, Austria, dan China.

Sementara itu, Ketua MPR sekaligus Ketum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo (Bamsoet), mendorong pemerintah segera membuat regulasi moda transportasi tanpa awak kemudi itu. Apalagi, Kemenhub sudah melakukan assesment terhadap EHang 216 sejak April 2021 lalu.

Presiden Joko Widodo saat menghadiri Hub Space x KAI Expo 2023 Foto: Dok. Setwapres
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Hub Space x KAI Expo 2023 Foto: Dok. Setwapres

"Bahkan Presiden Jokowi sempat menyatakan sangat ingin mencoba menaiki EHang 216 saat mengudara. Kita harapkan EHang 216 segera dapat menjadi salah satu moda transportasi umum tanpa awak kemudi di Indonesia," ucap Bamsoet dalam keterangannya.

Bamsoet menjelaskan, EHang 216 ini dioperasikan melalui pusat komando dan kendali AAV (Autonomous Aerial Vehicle) yang ada di darat dengan menggunakan jaringan 4G/5G. Sehingga, kata dia, kendali jarak jauh pesawat bisa dilakukan secara real-time.

"Teknologi penerbangan otonom ini menghilangkan kemungkinan kegagalan atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan manusia atau human error," jelas Bamsoet.

Nantinya, Bamsoet berharap, EHang 216 bisa digunakan untuk mendukung berbagai kepentingan, seperti saat patroli lalu lintas Polri, patroli militer, hingga untuk misi kemanusiaan seperti pengiriman obat ke daerah terpencil yang sulit diangkat lewat darat. Selain itu, ia berharap EHang 216 bisa ikut mendukung kegiatan pariwisata di berbagai daerah.

Dalam acara ini, Jokowi juga didampingi oleh Menhub Budi Karya Sumadi; Menparekraf Sandiaga Uno; Kakorlantas Polri, Irjen Firman Santyabudi; hingga penguasa Chairul Tanjung.

Taksi terbang EHang 216 lepas landas saat menjalani Demo Flight di wilayah Klungkung, Bali, Jumat (26/11/2021). Foto: Fikri Yusuf/ANTARA FOTO
Taksi terbang EHang 216 lepas landas saat menjalani Demo Flight di wilayah Klungkung, Bali, Jumat (26/11/2021). Foto: Fikri Yusuf/ANTARA FOTO

EHang 216 adalah kendaraan udara yang menggunakan bahan bakar listrik sepenuhnya. Kendaraan tanpa pilot ini dilengkapi 16 baling-baling dan memiliki kemampuan terbang hingga ketinggian 3 ribu meter dan sejauh 35 kilometer dalam waktu 21 menit.

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 30 ribu penerbangan sukses, baik cargo atau penumpang, di sejumlah negara seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Dubai, Qatar, Kanada, Indonesia, hingga China.

Di Indonesia, EHang 216 dihadirkan lewat kerja sama Prestige dengan IMI dan berhasil menggelar demo terbang di Bali pada November 2021 lalu.

Media files:
01hbgn5bpkf4ew3tc1q6jq2pt9.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar