Jul 16th 2023, 17:44, by Sena Pratama, kumparanOTO
Jika mobil listrik yang ada saat ini dinilai membosankan, mungkin Anda belum melihat Hyundai IONIQ 5 N yang satu ini. Tak sekadar tampilan kosmetika, tetapi menjanjikan performa luar biasa.
Ada imbuhan 'N' di belakang penamaannya, menandakan ia sangat berbeda dibanding IONIQ 5 regular. Buat yang belum tahu, brand N memfokuskan pengembangan mobil-mobil berperforma tinggi Hyundai.
Sebelum mengulas desainnya, kita coba membedah hal teknisnya yang mana merupakan salah satu aspek paling digarap. Pabrikan menanamkan tiga pilar performa N yakni Corner Rascal, Racetrack Capability, dan Everyday Sportscar.
IONIQ 5 N masih menggunakan rancang bangun electric global module platform (EGMP), namun strukturnya diperkuat dengan material yang memberikan torsional rigidity lebih tinggi sehingga memberikan sensasi mengemudi lebih mantap, ini bentuk dari Corner Rascal.
Mobil listrik Hyundai paling buas
Kemudian guna mendukung Racetrack Capability, ia dibenamkan AWD dual-motor yang sanggup mengeluarkan tenaga hingga 641,1 daya kuda dengan kecepatan maksimum 260 km/jam. Plus dengan modus berkendara N Grin Boost pada kemudi.
Integrated drive axles (IDA), terinspirasi World Rally Championship guna menahan besarnya torsi yang disalurkan keempat kaki-kakinya berukuran 21-inci. Rasio dan umpan balik kemudi juga ditingkatkan dengan sistem N R-MDPS (Rack-Mounted Motor-Driven Power Steering) demi sensasi berkendara lebih asyik.
Tidak hanya itu, sentuhan performa N juga sampai pada pedal-pedalnya. N Pedal dirancang agar memberikan turn-in instan dan meningkatkan bukaan gas layaknya mobil bermesin konvensional. Masih ada nama-nama lainnya meliputi N Drift Optimizer, Torque Kick Drift, hingga electronic limited slip differential (E-LSD).
Bila itu dirasa belum cukup untuk menjiwai sebuah mobil berperforma tinggi sejati, Hyundai N telah menyiapkan ramuannya. Seperti N e-shift dan N Active Sound+, fitur sensasi penggantian gigi presisi dan tiruan suara raungan mesin yang tidak terkesan artifisial.
Performa erat kaitannya dengan kecepatan, ini juga berlaku untuk teknologi baterai 84 kWh-nya. Dibutuhkan waktu hanya 18 menit untuk mengisi daya listrik dari 10 hingga 80 persen, mungkin lebih cepat dari pengisian daya perangkat saat ini. Tak perlu risau soal suhu karena teknologi manajemen termal yang lebih canggih.
Baru soal desainnya, guna meningkatkan aura sebuah mobil high performance, IONIQ 5 N dipermak dengan berbagai aneka pernak-pernik Hyundai N. Paling jelas warna biru cerah yang khas, kemudian ubahan pada fascia depan dan bagian buritan yang dibuat lebih agresif dan sporty.
Tidak ketinggalan aksen warna merah, serta penambahan diffuser dan spoiler untuk performa pengendalian pada kecepatan tinggi yang lebih baik. Tema tadi dibawa hingga ke dalam kabinnya. Banyak logo N yang disematkan pada bagian kemudi, jok, panel dasbor yang semuanya dilabur dengan warna hitam dan sentuhan warna biru muda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar