Search This Blog

Lawan Kata Insecure dan Pengertiannya dalam Psikologi

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Lawan Kata Insecure dan Pengertiannya dalam Psikologi
Jun 25th 2023, 19:58, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi lawan kata insecure, sumber foto: Nik Shuliahin/Unsplash.com
Ilustrasi lawan kata insecure, sumber foto: Nik Shuliahin/Unsplash.com

Bahasa Indonesia merupakan bahasa utama yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Agar bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia secara baik maka ada beberapa hal yang harus dipelajari. Salah satunya adalah lawan kata, misalnya lawan kata insecure.

Lawan kata atau biasa disebut dengan antonim merupakan sebuah kata yang memiliki makna berbeda atau bertentangan dengan kata lainnya. Lawan kata berguna pada saat menyampaikan informasi agar lebih mudah dimengerti atau lebih jelas.

Pengertian dan Lawan Kata Insecure

Ilustrasi lawan kata insecure, sumber foto: Carolina Heza/Unsplash.com
Ilustrasi lawan kata insecure, sumber foto: Carolina Heza/Unsplash.com

Dikutip dari buku Kamus Pintar Sinonim Antonim dan EYD Indonesia karya Aisyah Atikah Deasy, (2015) dijelaskan bahwa antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. Antonim disebut juga dengan lawan kata.

Antonim sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu antonim berpasangan, antonim melengkapi dan antonim berjenjang. Untuk mengetahui antonim sebuah kata maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari arti dari kata tersebut.

Misalnya adalah lawan kata insecure, maka harus mengetahui lebih dulu arti kata insecure. Insecure merupakan istilah atau kata yang sering digunakan dalam psikologi.

Arti dari kata insecure adalah suatu kondisi yang ditandai dengan perasaan tidak aman, cemas dan ragu terhadap kemampuan diri sendiri. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang menjadi sering merasa cemas terhadap tujuan hidupnya dan lain sebagainya.

Jadi. lawan kata dari insecure adalah percaya diri. Hal ini disebabkan percaya diri merupakan kemampuan dalam meyakinkan diri pada kemampuan yang dimiliki untuk menyelesaikan berbagai masalah yang sedang dihadapi.

Baca juga: Definisi, Persamaan, dan Lawan Kata Altruisme menurut KBBI

Penyebab Insecure

Ilustrasi lawan kata insecure, sumber foto: Total Shape/unsplash.com
Ilustrasi lawan kata insecure, sumber foto: Total Shape/unsplash.com

Kembali lagi ke masalah insecure, dalam psikologi ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang memiliki rasa insecure. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pernah Gagal

Salah satu penyebab umum dari insecure adalah pernah mengalami kegagalan dalam mencapai suatu hal. Bila kegagalan tersebut dilihat dari sudut pandang negatif, kondisi ini dapat memicu rasa cemas dan rendah diri.

2. Mendapatkan Penilaian yang Kurang Baik

Insecure dapat muncul karena ketidakmampuan seseorang dalam menanggapi kritikan dengan baik. Alih-alih membangun pribadi menjadi lebih baik, kritikan tersebut justru turut menimbulkan perasaan tidak aman dan kurang percaya diri.

3. Sifat Perfeksionis

Perfeksionis adalah karakter seseorang yang memiliki standar tinggi terhadap berbagai macam aspek kehidupan. Jika tidak dikelola dengan baik, sifat perfeksionis ini membuat ia cenderung menyalahkan diri sendiri ketika tidak mampu mencapai suatu hal yang memicu perasaan insecure.

Demikian adalah pembahasan mengenai lawan kata insecure, serta penyebab insecure dalam psikologi. (WWN)

Media files:
01h3rdb1wbfdv68d0xpjbcws2m.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar