Search This Blog

Penjelasan Lion Air soal Pesawat Rute Kupang-Surabaya Gagal Terbang

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan Lion Air soal Pesawat Rute Kupang-Surabaya Gagal Terbang
Feb 26th 2023, 19:04, by Mirsan Simamora, kumparanNEWS

Pesawat Thai Lion Air. Foto: Yuttapol Phetkong/Shutterstock.
Pesawat Thai Lion Air. Foto: Yuttapol Phetkong/Shutterstock.

Pesawat Lion Air PK-LQS jenis Boeing 737-900ER rute Kupang-Surabaya gagal terbang dan tertahan di Bandara El Tari, Kupang, Minggu (26/2) pukul 06.15 WITA

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala mengatakan, penyebab pesawat dengan nomor penerbangan JT-693 itu gagal terbang karena ponsel salah satu penumpang terbakar.

"Insiden terbakarnya ponsel atau gawai (handphone) milik salah satu penumpang di dalam pesawat ketika pesawat didorong mundur (pushback)," kata Danang dalam rilis resminya, Minggu (26/2).

Selain itu, pesawat gagal terbang karena salah satu penumpang membuka jendela darurat (emergency exit window) bagian kiri tanpa instruksi awak kabin.

Terkait hal ini, tim investigasi dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Lion Air sedang melakukan penyelidikan intensif (teliti, cermat, mendalam) dalam upaya memastikan pesawat dan operasional memenuhi regulasi penerbangan.

Danang menuturkan, hasil investigasi terhadap peristiwa itu akan dijadikan masukan pada penerbangan lain.

"Hasil investigasi insiden terbakarnya ponsel salah satu penumpang di kabin pesawat dan pembukaan jendela darurat oleh salah satu penumpang tanpa ada perintah kru yang bertugas akan digunakan untuk mendapatkan rekomendasi terbaik sebagai bagian penting meningkatkan keselamatan dan keamanan seluruh penerbangan ke depannya," ujar Danang.

Sementara itu, 163 penumpang yang sempat tertahan telah diberangkatkan dengan penerbangan lain. Mereka disebut telah tiba di Bandar Udara Internasional Juanda pukul 15.21 WIB

"Lion Air telah memberangkatkan kembali dengan menggunakan pesawat berbeda pada hari yang sama (26/ 02)," ucapnya.

Lion Air mengingatkan kepada seluruh penumpang selalu mematuhi peraturan keselamatan penerbangan dan tidak membawa barang-barang berpotensi membahayakan dalam kabin pesawat," kata Danang.

Sebelumnya, beredar video memperlihatkan penumpang pesawat Lion Air di Bandara El Tari, Kupang batal berangkat. Pintu darurat pesawat juga terbuka, dan para penumpang keluar dari pesawat.

Dalam video yang beredar, tampak pintu darurat pesawat di bagian kanan terbuka. Para penumpang juga keluar meninggalkan pesawat tersebut. Petugas bandara juga tampak berlarian ke arah pesawat.

Dari narasi yang beredar, disebut ada penumpang yang membuka jenderal darurat pesawat sehingga penumpang turun.

Danang Mandala mengatakan, pesawat tersebut jenis Lion Air JT-693 rute Kupang-Surabaya. Awalnya pesawat itu telah dicek dan layak berangkat. Saat pesawat menuju landasan pacu, tiba-tiba penumpang di kursi 9D mengaku ponselnya mengeluarkan asap dan membantingnya ke lantai.

Petugas kabin lalu mengambil tindakan menghubungi pilot. Saat itu diputuskan pesawat kembali ke area parkir.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar