Search This Blog

Mengenal Walking dalam Peraturan Permainan Bola Basket

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Walking dalam Peraturan Permainan Bola Basket
Sep 13th 2024, 18:53, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi untuk dalam pertandingan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika. Sumber: pexels.com/BK Aguilar
Ilustrasi untuk dalam pertandingan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika. Sumber: pexels.com/BK Aguilar

Dalam permainan bola basket, seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika membawa bola tanpa dribbling. Walking adalah pelanggaran yang sering terjadi dalam permainan bola basket.

Untuk menghindari pelanggaran dalam permainan, pemain harus mengetahui aturan-aturan dalam bola basket. Aturan yang diberlakukan dalam permainan bertujuan agar permainan menjadi kondusif.

Dalam Permainan Bola Basket Seorang Pemain Dinyatakan Melakukan Walking Jika Membawa Bola Tanpa Dribbling

Ilustrasi untuk dalam pertandingan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika. Sumber: pexels.com/Justiniano Adriano
Ilustrasi untuk dalam pertandingan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika. Sumber: pexels.com/Justiniano Adriano

Dribble adalah teknik menggiring bola dalam basket. Menurut buku Bola Basket oleh Anung Hendar Isnanto (2019: 28), dribble adalah suatu cara membawa bole dengan cara memantulkannya ke lantai dengan satu tangan atau bergantian baik berjalan atau berlari.

Saat dribbling, pemain menjaga bola tetap berada di sisi tubuhnya dan berada jauh dari jangkauan pemain lawan. Untuk melakukan dribble, bola didorong pelan ke bawah dengan kondisi jari tangan terbuka.

Tujuan dribbling adalah memindahkan bola dari daerah yang dijaga dengan ketat ke daerah yang penjagaannya longgar. Dribbling juga berfungsi untuk melakukan penyerangan dan membuat peluang untuk menembak.

Dalam permainan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika membawa bola tanpa dribbling. Walking disebut juga sebagai traveling. Walking merupakan salah satu jenis pelanggaran dalam permainan basket.

Menurut buku Pembelajaran Permainan Bola Basket oleh Dhika Bayu Mahardhika, dkk. (2024: 86), pelanggaran walking atau travelling dapat terjadi jika seorang pemain bergerak tanpa melakukan dribbling yang benar. Ini dapat terjadi pada saat pemain melangkah lebih dari dua kali setelah menerima bola tanpa melakukan dribble atau ketika pemain mengangkat kaki sambil memegang bola tanpa melakukan dribble.

Pemain harus melemparkan bole dari titip tempat menerima bola tetapi diperbolehkan apabila pemain berlari dalam kecepatan biasa. Jika pemain berlari sambil memegang bola, maka akan dianggap walking atau traveling.

Setiap pelanggaran memiliki konsekuensi atau hukuman pada pemain. Hukuman untuk pelanggaran walking adalah turnover atau perpindahan bola.

Baca juga: Mengenal Istilah Slam Dunk dalam Permainan Bola Basket dan Jenisnya

Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa dalam permainan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika membawa bola tanpa dribbling. Walking adalah salah satu pelanggaran yang diatur dalam peraturan permainan bola basket. Penting bagi pemain untuk memahami peraturan agar terhindar dari melakukan pelanggaran saat permainan.(IND)

Media files:
01j7nhep184fyqsaafdbj403j1.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar