Search This Blog

Emiten Konsumer Otomotif (MPMX) Cetak Laba Bersih Rp 327 M di Semester I 2024

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Emiten Konsumer Otomotif (MPMX) Cetak Laba Bersih Rp 327 M di Semester I 2024
Aug 3rd 2024, 09:29, by Nicha Muslimawati, kumparanBISNIS

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX). Foto: MPMX
PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX). Foto: MPMX

Emiten konsumer otomotif, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 327 miliar pada semester I 2024 atau meningkat sebesar 24 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023 (year on year/yoy).

Kinerja laba tersebut didorong oleh kinerja bisnis yang kuat, mencakup peningkatan pendapatan pada segmen distribusi dan ritel, segmen asuransi dengan premi bruto yang lebih tinggi.

Sementara itu, keuntungan dari fluktuasi nilai tukar turut berkontribusi pada total pendapatan Perseroan. Pada segmen bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda dua, MPMX melalui MPMulia berhasil menjaga penjualan sepeda motornya tetap stabil dan posisinya sebagai pemimpin pasar.

"Kami bersyukur dengan hasil dan kinerja positif Perseroan sepanjang semester I 2024 ini, di tengah kondisi perekonomian yang masih menantang," ujar Group CFO MPMX Beatrice Kartika.

Beatrice menjelaskan, pandangan MPMX tetap positif sepanjang tahun, dan manajemen akan mengoptimalkan potensi pertumbuhan bisnis, terus berfokus pada kolaborasi, cost leadership serta disiplin operasional di seluruh lini bisnis MPMX, untuk mencapai berbagai target operasional dan finansial yang telah dicanangkan sejak awal tahun.

Dengan jaringan distribusi yang kuat dan hubungan baik serta jangka panjang dengan diler-diler, MPMulia mencatat pertumbuhan volume penjualan sepeda motor sebesar 4 persen yoy sepanjang semester I 2024 meskipun terjadi penurunan penjualan sepeda motor nasional sebesar 1 persen yoy.

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX). Foto: MPMX
PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX). Foto: MPMX

Ritel berhasil meningkatkan pendapatan sebesar 14 persen YoY yang didorong oleh volume penjualan yang lebih tinggi. Pendapatan dari aftermarket turut menunjukkan peningkatan sebesar 4 persen dari bisnis distribusi dan sebesar 5 persen dari bisnis ritel didorong oleh volume penjualan produk suku cadang yang lebih tinggi.

Hasil dari bisnis distribusi dan ritel pada semester I 2024 menyebabkan peningkatan pendapatan bersih segmen sebesar 8 persen yoy dari Rp 7 triliun menjadi Rp 7,5 triliun. Segmen bisnis asuransi MPMInsurance terus menunjukkan pemulihan dengan mencatat peningkatan pada premi bruto sebesar 46 persen yoy menjadi Rp 448 miliar didorong oleh portofolio utama perusahaan yang mencakup properti, kendaraan bermotor, dan rekayasa.

Perusahaan berhasil mencapai hasil yang luar biasa sepanjang semester I 2024 dengan pendapatan bersih meningkat sebesar 17 persen yoy menjadi Rp 157 miliar. Upaya untuk mengendalikan biaya klaim telah menghasilkan peningkatan laba kotor sebesar 23 persen yoy menjadi Rp 95 miliar.

Pada segmen penyewaan kendaraan, MPMRent, jumlah unit sewa yang tersedia meningkat sebesar 4 persen YoY menjadi 14.600 unit dan jumlah unit yang disewa juga tumbuh sebesar 4 persen menjadi 13.600 unit didorong oleh pertumbuhan permintaan untuk mobil penumpang.

Jumlah mobil penumpang yang disewa meningkat sebesar 9 persen YoY menjadi 13.600 unit didorong oleh permintaan yang kuat dari layanan keuangan dan institusi pemerintah untuk kendaraan operasional.

Di sisi lain, jumlah mobil komersial yang disewa menurun sebesar 7 persen YoY menjadi 4.300 unit karena pendekatan yang lebih selektif dalam menerima klien logistik. Penjualan mobil bekas meningkat sebesar 14 persen YoY menjadi 1.900 unit didorong oleh pasokan unit internal kami, yang sebagian besar merupakan mobil komersial. Namun, penjualan unit eksternal menurun sebesar 8 persen yoy karena pasokan yang terbatas dari mitra yang ada.

Di segmen jasa keuangan pada semester I 2024, pemesanan baru Jaccs MPM Finance Indonesia (JMFI) mengalami penurunan sebesar 22 persen YoY. Penurunan pemesanan produk kendaraan bermotor sesuai dengan pendekatan strategis perusahaan untuk memprioritaskan kualitas aset dengan mengadopsi pendekatan yang lebih hati-hati dalam akuisisi pelanggan.

Media files:
0181394c29b8b0ce755cb1de909f3ef9.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar