Search This Blog

Jadwal Puasa Juni 2024, Tarwiyah, Arafah dan Ayyamul Bidh

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jadwal Puasa Juni 2024, Tarwiyah, Arafah dan Ayyamul Bidh
Jun 9th 2024, 19:26, by Berita Terkini, Berita Terkini

Jadwal puasa Juni 2024. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/khats cassim
Jadwal puasa Juni 2024. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/khats cassim

Pada bulan Juni 2024, umat Islam di seluruh dunia memiliki kesempatan untuk melaksanakan beberapa ibadah puasa sunah yang sangat dianjurkan. Bagi yang belum tahu, informasi jadwal puasa Juni 2024 tentu dapat berguna.

Puasa-puasa itu termasuk puasa tarwiyah, arafah, dan ayyamul bidh. Masing-masing puasa ini memiliki keutamaan dan waktu pelaksanaan yang khusus, memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan dan mendapatkan pahala yang besar.

Jadwal Puasa Juni 2024 yang Dapat Diikuti

Jadwal puasa Juni 2024. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Michael Burrows
Jadwal puasa Juni 2024. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Michael Burrows

Mengutip dari buku Minhajul Muslim, Syaikh Abu Bakar Jabar Al-Jazairi, (2015), Allah mewajibkan puasa kepada umat Muhammad sebagaimana diwajibkan atas umat-umat terdahulu, sesuai dengan isi surah Al-Baqarah ayat 183.

Selain puasa wajib pada bulan Ramadan, di bulan Juni ini ada beberapa puasa sunah seperti pada bulan dzulhijjah, tarwiyah, arafah dan ayyamul bidh. Adapun informasi jadwal puasa Juni 2024, sebagai berikut.

1. Puasa 9 Hari Dzulhijjah

Puasa sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah dimulai pada 8 Juni dan berlangsung hingga 16 Juni 2024. Syekh Zakaria al-Anshari dalam Asna al-Mathalib menyatakan bahwa puasa dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah adalah sunah bagi semua umat Islam.

Namun, pada tanggal 8 (Hari Tarwiyah) dan 9 (Hari Arafah), puasa ini hanya disunahkan bagi yang tidak sedang berhaji. Puasa ini dilaksanakan seperti puasa sunah lainnya, dengan niat yang diucapkan pada malam hari.

2. Puasa Tarwiyah

Puasa tarwiyah jatuh pada tanggal 15 Juni 2024. Hari Tarwiyah adalah tanggal 8 Dzulhijjah, di mana jamaah haji mempersiapkan diri untuk wukuf di Arafah. Bagi yang tidak berhaji, melaksanakan puasa Tarwiyah adalah sunah.

3. Puasa Arafah

Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2024, bertepatan dengan 9 Dzulhijjah, sehari sebelum Idul Adha. Keutamaan puasa ini sangat besar, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits bahwa puasa Arafah dapat menghapus dosa dua tahun, yakni satu tahun yang telah berlalu dan satu tahun yang akan datang (HR. Muslim).

4. Puasa Ayyamul Bidh

Selain puasa di awal bulan Dzulhijjah, umat Islam juga disunahkan untuk melaksanakan puasa ayyamul bidh pada tanggal 21-22 Juni 2024. Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan pada pertengahan bulan, yaitu tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya.

Pada bulan Dzulhijjah 2024, puasa ayyamul bidh bertepatan dengan 21 hingga 22 Juni. Puasa ini dilaksanakan dengan niat yang diucapkan pada malam hari atau pada siang hari jika lupa.

Baca juga: Fadhilah Puasa Tarwiyah dan Arafah untuk Menyambut Datangnya Idul Adha

Itulah informasi jadwal puasa Juni 2024 yang dapat berguna. Semoga dengan melaksanakan puasa bulan Dzulhijjah, tarwiyah, arafah, dan ayyamul Bidh pada bulan Juni 2024, semua orang dapat meraih keberkahan dan ampunan dari Allah Swt. (RIZ)

Media files:
01hzx2hg7cgyya5r489qwxcfrv.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar