Search This Blog

Mengetahui Keutamaan Kurban bagi Umat Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengetahui Keutamaan Kurban bagi Umat Islam
May 19th 2024, 18:07, by Berita Terkini, Berita Terkini

 Ilustrasi Keutamaan Kurban. Sumber: Foto Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Keutamaan Kurban. Sumber: Foto Unsplash/Mufid Majnun

Keutamaan kurban sangat banyak. Berkurban itu sangat utama karena merupakan salah satu bentuk dari kepedulian terhadap lingkungan. Selain itu, kurban juga disyariatkan untuk mengenang peristiwa bersejarah yang patut diteladani.

Berdasarkan buku yang berjudul Cara Berkurban, Abdu Muta'al Al-Jabry, (2002: 14), hukum berkurban bagi umat Islam adalah sunah muakkad selama yang bersangkutan tidak mewajibkan kurban atas dirinya, baik melalui nazar atau pernyataan. Lantas, apa keutamaan dari melaksanakan kurban?

Keutamaan Kurban yang Perlu Diketahui

  Ilustrasi Keutamaan Kurban. Sumber: Foto Unsplash/Afnizar Nur Ghifari
Ilustrasi Keutamaan Kurban. Sumber: Foto Unsplash/Afnizar Nur Ghifari

Keutamaan kurban adalah Allah akan memberikan pahala yang berlipat-lipat bagi setiap umat muslim yang menggunakan sebagian hartanya untuk berkuban. Inilah beberapa keutamaan berkurban menurut buku Tuntutan Berkurban dan Menyembelih Hewan, Ali Ghufron, (2022:30).

1. Amalan yang Paling Dicintai Allah pada Saat Hari Raya Iduladha

Salah satu keutamaan berkurban adalah amalan yang paling dicintai oleh Allah pada saat Hari Raya Iduladha. Imam At-Tirmidzi meriwayatkan dari Aisyah bahwa Rasulullah bersabda:

Tidaklah seseorang melakukan suatu amalan yang lebih dicintai Allah pada Hari Raya Idul Adha melebihi amalan berkurban. Sesungguhnya, hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk- tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku kukunya. Dan sesungguhnya darah dari hewan kurban itu akan mendapat ridha Allah sebelum ia terjatuh ke tanah. Maka hendaklah diri kalian merasa senang untuk berkurban. (HR. At-Tirmidzi)

2. Allah Kagum Terhadap Orang yang Berkurban

Imam Baihaqi di dalam kitabnya, Syi'bu Al-Imán meriwayatkan sebuah hadis dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:

عَجَبَ رَبُّكُمْ مِنْ ذَنْحِكُمُ الضَّأْنَ فِي يَوْمِ عِيْدِكُمْ
Tuhan kalian kagum dengan sembelihan biri-biri yang kalian lakukan pada hari raya kalian. (HR. Al-Baihaqi)

3. Rasulullah Mencela Orang Kaya yang Tidak Mau Berkurban

Bagi orang yang kaya dan memiliki kelebihan uang yang dapat digunakan untuk membeli hewan kurban, sebaiknya berkurban. Sebab, Rasulullah mencela orang kaya yang tidak mau berkurban seraya bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ مَالٌ فَلَمْ يُضَحَ فَلَا يَقْرَبَنَّ مُصَلانَا
Barangsiapa yang punya harta tapi tidak berkurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami. (HR. Al-Hakim di dalam kitab Al-Mustadrak dari Abu Hurairah)

4. Berkurban Mendatangkan Banyak Pahala

Berkurban juga mendatangkan banyak pahala, karena semua anggota tubuh dari hewan kurban itu bernilai pahala. Bahkan, bulu-bulunya juga bernilai pahala.

Baca juga: Ketentuan Kurban Kambing untuk Berapa Orang menurut Ajaran Islam

Itulah keutamaan kurban yang harus diketahui umat Islam. Dari uraian di atas, dapat diketahui betapa banyak pahala yang dapat dipetik oleh orang yang mau berkurban. (Adm)

Media files:
01hy7xpvrt4hqa2t4bfmy4qn35.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar