Search This Blog

Mengenal Penduduk Asli Benua Amerika

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Penduduk Asli Benua Amerika
Apr 28th 2024, 19:35, by Berita Terkini, Berita Terkini

Penduduk asli Benua Amerika adalah Suku, Sumber Unsplash Andrew James
Penduduk asli Benua Amerika adalah Suku, Sumber Unsplash Andrew James

Penduduk asli Benua Amerika adalah suku Indian. Istilah Indian sebenarnya berasal dari kesalahpahaman Christopher Columbus yang mengira dirinya telah sampai di India saat mendarat di benua tersebut.

Hal ini menyebabkan Columbus dan para penjelajah Eropa setelahnya menggunakan istilah Indian untuk merujuk kepada penduduk asli Amerika. Meskipun sebenarnya, penduduk ini terdiri dari bangsa dengan budaya, bahasa, dan sejarah yang sangat beragam.

Mengenal Sejarah Penduduk Asli Benua Amerika

Penduduk asli Benua Amerika adalah Suku Boston Public Library (2)
Penduduk asli Benua Amerika adalah Suku Boston Public Library (2)

Mengutip dari buku Pengetahuan Sosial Geografi SMP 3 Untuk Kelas IX, Sri Hayati Enok Maryani, (2005), penduduk asli Benua Amerika adalah Suku Indian (Native Americans, American Indians, atau Amerindian) yang sudah ada jauh sebelum orang-orang eropa bermigrasi ke benua tersebut.

Diperkirakan, penduduk asli Amerika berasal dari Asia dan menyeberangi Selat Bering sekitar 15.000 tahun yang lalu. Kemudian menyebar ke seluruh penjuru Benua Amerika dan mengembangkan berbagai budaya dan bahasa yang unik.

Saat kedatangan bangsa Eropa di abad ke-15, diperkirakan terdapat sekitar 50 juta penduduk asli Amerika. Namun kedatangan bangsa Eropa membawa dampak besar, termasuk penyakit, peperangan, dan penjajahan, sehingga populasi penduduk asli Amerika menurun drastis.

Ciri-Ciri Fisik Penduduk Asli Benua Amerika

Penduduk asli Benua Amerika adalah Suku Boston Public Library
Penduduk asli Benua Amerika adalah Suku Boston Public Library

Meskipun berasal dari leluhur yang sama, tidak ada satu ciri-ciri fisik yang seragam untuk semua penduduk asli Amerika. Perbedaan geografis dan adaptasi terhadap lingkungan selama ribuan tahun menghasilkan variasi penampilan di antara suku-suku.

Adapun ciri-ciri fisik yang umum ditemukan pada penduduk asli Amerika, sebagai berikut.

  • Banyak dari penduduk asli Amerika memiliki rambut hitam lurus.

  • Mata dengan warna coklat gelap adalah ciri umum di antara banyak suku Indian.

  • Kulit coklat dengan nuansa kemerahan sering dianggap sebagai ciri khas penduduk asli Amerika. Namun, warna kulit bisa bervariasi tergantung pada faktor genetik dan adaptasi lingkungan.

  • Banyak dari memiliki ciri wajah dengan tulang pipi menonjol.

  • Wajah cenderung lebar atau berbentuk persegi panjang adalah ciri umum di antara banyak kelompok etnis penduduk asli Amerika.

Baca juga: Alasan Benua Amerika Sering disebut sebagai Benua Merah

Jadi, penduduk asli Benua Amerika adalah suku Indian (juga disebut Native Americans, American Indians, atau Amerindian). Meskipun banyak yang terpengaruh oleh proses kolonisasi dan modernisasi, banyak suku masih mempertahankan tradisi dan bahasa. (RIZ)

Media files:
01hwjb4tcrea67dn57wd58pk36.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar