Search This Blog

Prinsip dan Tujuan dibentuknya GATT dalam Perdagangan Internasional

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Prinsip dan Tujuan dibentuknya GATT dalam Perdagangan Internasional
Feb 4th 2024, 17:36, by Berita Terkini, Berita Terkini

Jelaskan tujuan dibentuknya GATT beserta prinsip untuk menciptakan iklim perdagangan internasional. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Alfred
Jelaskan tujuan dibentuknya GATT beserta prinsip untuk menciptakan iklim perdagangan internasional. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Alfred

Jelaskan tujuan dibentuknya GATT beserta prinsip untuk menciptakan iklim perdagangan internasional! Pembentukan GATT bertujuan untuk menciptakan iklim perdagangan Internasional. GATT merupakan singkatan dari General Agreement on Tariffs and Trade.

GATT adalah perjanjian yang bertujuan untuk mengatur perdagangan internasional dan merinci prinsip-prinsip dan tujuan tertentu. GATT kemudian berkembang menjadi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada tahun 1995.

Jelaskan Tujuan Dibentuknya GATT beserta Prinsipnya dalam Perdagangan Internasional!

Jelaskan tujuan dibentuknya GATT beserta prinsip untuk menciptakan iklim perdagangan internasional. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Nizar
Jelaskan tujuan dibentuknya GATT beserta prinsip untuk menciptakan iklim perdagangan internasional. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Nizar

Dikutip dari buku Hukum Perdagangan Internasional, Muhammad Reza dkk (2021: 41), GATT merupakan persetujuan antarnegara-negara. Tujuannya untuk menghilangkan diskriminasi dan mengurangi tarif serta batasan-batasan perdagangan

Berikut jawaban atas pertanyaan, "Jelaskan tujuan dibentuknya GATT beserta prinsip untuk menciptakan iklim perdagangan internasional.

1. Prinsip-prinsip GATT

  1. Non-Diskriminasi

    • Most-Favored Nation (MFN)

      Negara-negara anggota GATT berjanji memberikan perlakuan yang sama kepada semua mitra dagang, tanpa memberikan perlakuan khusus kepada satu negara tertentu. Jika suatu negara memberikan tarif atau keuntungan lain kepada satu negara, prinsip ini mengharuskan negara tersebut memberikan perlakuan yang sama kepada semua negara anggota GATT.

    • National Treatment

      Produk-produk asing harus diperlakukan sama seperti produk-produk dalam negeri, tanpa adanya diskriminasi dalam hal tarif atau regulasi.

  2. Negotiation

    GATT mendorong negosiasi dan pembicaraan antarnegara untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan semua pihak. Pihak-pihak dapat bernegosiasi mengenai penurunan tarif, pengurangan hambatan perdagangan, dan perjanjian-perjanjian perdagangan lainnya.

  3. Tarif Concessions

    Negara-negara anggota GATT memberikan kontribusi terhadap pengurangan tarif secara timbal balik. Mereka menawarkan kontraksi tarif atas produk-produk tertentu dalam pertukaran untuk kontraksi yang setara dari negara mitra dagang.

2. Tujuan GATT

  1. Merangsang Perdagangan Internasional

    Salah satu tujuan utama GATT adalah merangsang pertumbuhan perdagangan internasional dengan mengurangi hambatan-hambatan tarif dan nontarif.

  2. Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi

    GATT diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi global dengan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja melalui peningkatan perdagangan.

  3. Mengurangi Ketidakpastian

    Dengan menyediakan aturan dan perjanjian yang jelas, GATT bertujuan untuk mengurangi ketidakpastian dalam perdagangan internasional dan menciptakan lingkungan perdagangan yang lebih stabil.

  4. Memberikan Kerangka Hukum

    GATT memberikan kerangka hukum untuk mengatur hubungan perdagangan internasional, membantu mencegah perang dagang, dan memberikan dasar untuk penyelesaian sengketa.

  5. Meningkatkan Pemahaman Timbal Balik

    GATT berusaha meningkatkan pemahaman dan kerjasama timbal balik antara negara-negara anggota, sehingga dapat mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Baca juga: Pengaruh WTO terhadap Indonesia pada Sektor Perdagangan

Demikianlah jawaban atas pertanyaan, "Jelaskan tujuan dibentuknya GATT!". Lengkap dengan penjelasan tentang prinsip dari perdagangan internasional. (Gin)

Media files:
01hnr4zwm04an6wcv3f7fn92ry.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar