Search This Blog

Menilik Persamaan dan Perbedaan Konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa di Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Menilik Persamaan dan Perbedaan Konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa di Indonesia
Jan 26th 2024, 21:16, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Persamaan dan Perbedaan Konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa Indonesia. Sumber: Pexels/Malte Luk
Ilustrasi Persamaan dan Perbedaan Konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa Indonesia. Sumber: Pexels/Malte Luk

Dwipantara dan Sumpah Palapa merupakan dua konsep yang mempunyai kaitan dengan sejarah wilayah Indonesia. Persamaan dan perbedaan konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa terletak pada makna serta masa perkembangannya.

Makna Dwipantara adalah Kepulauan Antara dan makna Sumpah Palapa adalah Kepulauan Nusantara. Dwipantara cenderung dikenal sebelum masa kemerdekaan Indonesia, yakni sekitar masa penjajahan Belanda, sedangkan Sumpah Palapa pada masa Kerajaan Majapahit.

Persamaan dan Perbedaan Konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa Indonesia

Ilustrasi Persamaan dan Perbedaan Konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa Indonesia. Sumber: Pexels/Suzy Hazelwood
Ilustrasi Persamaan dan Perbedaan Konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa Indonesia. Sumber: Pexels/Suzy Hazelwood

Sejarah Indonesia merupakan pembahasan yang luas. Hal itu dapat terjadi karena ada banyak hal yang melatarbelakangi berdirinya negara Indonesia sebagai negara kesatuan. Salah satu contoh adalah keberadaan konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa.

Persamaan dan perbedaan konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa merupakan pemahaman penting untuk mengenal asal-usul persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia. Berikut penjelasan tentang konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa.

1. Dwipantara

Dwipantara merupakan sebuah konsep yang sudah berkembang sejak lama di Indonesia. Konsep tersebut bahkan sudah ada jauh sebelum "Indonesia" menjadi nama dari sebuah negara kesatuan yang berdaulat.

Dikutip dari buku Kisah Cinta Gajah Mada, Bayuadhy (2015: 204), Dwipantara adalah kata dalam bahasa Sansekerta untuk Kepulauan Antara yang maknanya sama persis dengan Nusantara.

Kondisi tersebut dapat terjadi karena dwipa adalah sinonim nusa yang memiliki arti sebagai pulau. Nama Dwipantara diberikan oleh bangsa India bagi wilayah Indonesia dan populer hingga masa penjajahan Belanda.

Namun, nama yang lebih populer pada masa penjajahan Belanda adalah Hindia Belanda atau Nederlands Indie. Kesimpulannya adalah Dwipantara merupakan salah satu nama Indonesia. Menurut bahasa Sansekerta, nama tersebut berarti kepulauan antara.

2. Sumpah Palapa

Selaras dengan konsep Dwipantara, Sumpah Palapa pun masih memiliki kaitan dengan kepulauan. Sumpah Palapa terjadi pada masa Kerajaan Majapahit berkembang di Indonesia.

Dikutip dari buku Sejarah 2 SMA Kelas XI Program Ilmu Sosial, Sardiman (2008: 43), inti sumpah tersebut adalah Gajah Mada tidak akan makan palapa, tidak akan bersenang-senang atau beristirahat sebelum seluruh Kepulauan Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit.

Berdasarkan inti Sumpah Palapa, jelas bahwa konsep utamanya adalah menyatukan seluruh Kepulauan Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Adapun yang dimaksud dengan Kepulauan Nusantara, yaitu Indonesia.

Baca juga: Sejarah Masa Kejayaan Kerajaan Majapahit dan Rajanya

Setelah menyimak penjelasan di atas, jelas bahwa persamaan dan perbedaan konsep Dwipantara dan Sumpah Palapa terletak pada makna serta masanya. Keduanya sama-sama berbicara tentang Kepulauan Nusantara, tetapi masa perkembangannya berbeda. (AA)

Media files:
01hn2f3hwv3xh4g72xqjez0vz5.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar