Search This Blog

Jawaban Soal Bagaimana Cara Menghormati dan Mematuhi Guru

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jawaban Soal Bagaimana Cara Menghormati dan Mematuhi Guru
Jan 26th 2024, 17:35, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Bagaimana Cara Menghormati Dan Mematuhi Guru, Foto: Unsplash/Caiaimage/Chris Ryan.
Ilustrasi Bagaimana Cara Menghormati Dan Mematuhi Guru, Foto: Unsplash/Caiaimage/Chris Ryan.

Orang tua dan guru adalah orang-orang yang harus dihormati. Karena keduanya memiliki peran yang begitu besar dalam kehidupan seseorang. Lantas, bagaimana cara menghormati dan mematuhi guru?

Orang tua memang merawat sejak kecil dengan penuh kasih sayang. Tetapi, murid menghabiskan waktu lebih lama di sekolah dengan seorang guru. Guru memberikan ilmu yang menjadi bekal untuk meraih masa depan.

Bagaimana Cara Menghormati dan Mematuhi Guru?

Ilustrasi Bagaimana Cara Menghormati Dan Mematuhi Guru, Foto: Unsplash/monkeybusinessimages.
Ilustrasi Bagaimana Cara Menghormati Dan Mematuhi Guru, Foto: Unsplash/monkeybusinessimages.

Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/Mts Kelas VIII, Aris Abi Syaifullah dkk (2021: 68), Islam menempatkan guru pada posisi mulia. Mereka adalah orang tua setelah orang tua kandung.

Oleh karena itu, harus menghormati dan mematuhinya sebagaimana yang dilakukan terhadap orang tua. Hormat dan patuh kepada guru sangat ditekankah oleh Islam. Bagaimana cara menghormati dan mematuhi guru?

Menghormati dan mematuhi guru dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Menyapa dan mengucapkan salam saat bertemu. Saat bertemu dengan guru, baik disekolah maupun diluar sekolah hendaknya menyapa dan mengucapkan salam. Ucapan salam ini akan membuat guru senang dan bangga kepada muridnya.

  2. Mendengarkan dan menyimak dengan baik semua perkataannya. Perkataan guru pasti mengandung hikmah. Sehingga murid hendaknya mendengarkan dan menyimak dengan baik.

  3. Mengikuti pelajarannya dengan penuh semangat. Seorang murid memiliki motivasi yang kuat dalam mengikuti pelajaran. Sehingga semua pelajaran yang diberikan guru akan diikuti dengan penuh semangat.

  4. Memandang guru dengan pandangan penuh rasa hormat (ta'dzim). Saat berhadapan dengan guru, seorang murid hendaknya menatap gurunya penuh hormat, dan memberikan perhatian terhadap perkataan guru, mencatat jika diperlukan.

  5. Hendaklah duduk dihadapan guru dengan sopan dan tenang. Seorang murid hendaknya mengambil posisi duduk yang terdekat dengan guru. Dengan posisi ini, seorang murid akan merasa dekat secara emosional dengan gurunya. Penjelasan guru akan lebuh mudah didengar jika posisi duduk murid dekat dengan gurunya.

Guru juga berjasa dalam menanamkan akidah Islam yang lurus. Dengan akidah yang lurus, seseorang akan hidup bahagia dunia hingga akhirat.

Dalam ajaran Islam, guru atau ulama harus dihormati dan dimuliakan. Menghormati, mematuhi, dan memuliakan guru merupakan syarat agar ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat bagi orang lain. Seseorang yang memiliki ilmu yang bermanfaat akan mendapatkan pahala sampai hari kiamat.

Baca Juga: Arti Buah Upacara dalam Tugas MPLS

Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara menghormati dan menghargai guru. Guru sudah seperti orang tua kedua, karena murid akan lebih banyak menghabiskan waktu di sekolahan. (Umi)

Media files:
01hn1thcszvm7hdgrcsg1y0ht0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar