Search This Blog

Format Penulisan Fungsi Not dalam Seni Musik

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Format Penulisan Fungsi Not dalam Seni Musik
Jan 26th 2024, 17:34, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Tuliskan Tentang Format Penulisan Fungsi Not, Foto: Unsplash/Yosuke Hasegawa.
Ilustrasi Tuliskan Tentang Format Penulisan Fungsi Not, Foto: Unsplash/Yosuke Hasegawa.

Dalam seni musik dikenal dengan istilah 'Not'. Not adalah unsur yang membentuk sebuah lagu, musik, atau komposisi monumental. Tuliskan tentang format penulisan fungsi not!

Not sering kali disamakan dengan nada. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda, di mana nada itu bagaikan tinggi rendahnya bunyi. Sedangkan not adalah unsur suatu lagu.

Format Penulisan Fungsi Not

Ilustrasi Tuliskan Tentang Format Penulisan Fungsi Not, Foto: Unsplash/MrsWilkins.
Ilustrasi Tuliskan Tentang Format Penulisan Fungsi Not, Foto: Unsplash/MrsWilkins.

Dikutip dari buku Teknik Komunikasi Arsitektur (Seri: Menggambar Bangunan Gedung), Muftiadi (2023: 23), not atau notasi adalah berupa gambar. Not digunakan untuk merepresentasikan tinggi atau rendahnya suara, yang disebut nada, pada staff atau not balok.

Posisi vertikal not di staff menunjukkan tinggi nada. Not memiliki beberapa mcam. Tuliskan tentang format penulisan fungsi not!

1. Notasi Angka

Dikutip dari laman repositori.kemdikbud.go.id, notasi angka adalah sistem penulisan lagu yang menggunakan simbol angka. Angka-angka yang dipakai dimulai dari 1 hingga 7. Dalam notasi angka, angka 0 dianggap sebagai tanda diam atau istirahat.

Notasi angka ditemukan Guido D'Arezzo yang menetap lama di Arezzo, Italia. Ia adalah seorang pencipta metode untuk membaca notasi musik dengan menggunakan suara manusia.

2. Notasi Balok

Notasi satu ini disebut juga sebagai notasi mutlak karena mempunyai patokan tinggi nada yang tetap (a= 440 Hz). Dalam notasi balok akan dijumpai tiga bagian yang dipakai dan dikombinasikan menjadi notasi-notasi tertentu, yaitu bendera, tangkai, dan kepala.

Jenis notasi balok terdiri dari:

  • Notasi utuh memiliki nilai empat ketukan dan 1 harga.

  • Notasi setengah bernilai dua ketukan dan 1/2 harga.

  • Notasi seperempat bernilai 1 ketukan dengan harga 1/4.

  • Notasi seperdelapan 1/2 ketukan dengan harga 1/8.

  • Notasi seperenambelas bernilai 1/4 ketukan dengan harga 1/16.

3. Notasi Abjad

Notasi abjad adalah salah satu naskah musik paling kuno. Dua notasi Yunani termasuk dalam jenis ini, yang sebelumnya menggunakan alfabet kuno. Notasi abjad digunakan sebagai simbolisasi akor.

Beberapa instrumen atau alat musik yang memainkan akor adalah gitar dan keyboard. Membacanya cukup dengan do re mi fa sol la si. Tanda panjang not disimbolkan dengan — (d –), sedangkan tanda diam disimbolkan dengan o.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal Alat Musik Tiup Bersuara Rendah Biasa Ada di Marching Band

Itulah penjelasan mengenai format penulisan fungsi not dalam seni musik. Not berfungsi untuk petunjuk tinggi rendahnya nada. (Umi)

Media files:
01hn1tzzf8j9rgn0e8v319xwv9.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar