Search This Blog

Dua Kutub yang Tetap Dimiliki Potongan-Potongan Kecil Magnet pada Sifatnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Dua Kutub yang Tetap Dimiliki Potongan-Potongan Kecil Magnet pada Sifatnya
Nov 17th 2023, 19:01, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Potongan-Potongan Kecil Magnet Tetap Memiliki Dua Kutub. Sumber Unsplash/Chris Nagahama
Ilustrasi Potongan-Potongan Kecil Magnet Tetap Memiliki Dua Kutub. Sumber Unsplash/Chris Nagahama

Magnet memiliki sifat yang berbeda dengan benda logam lainnya. Salah satu sifatnya adalah potongan-potongan kecil magnet tetap memiliki dua kutub.

Magnet adalah suatu materi yang mempunyai medan magnet. Magnet berasal dari kata Magnesial, nama wilayah di Asia, tempat ditemukannya endapan magnetik pertama kali.

Sifat Magnet: Potongan-Potongan Kecil Magnet Tetap Memiliki Dua Kutub

Ilustrasi Potongan-Potongan Kecil Magnet Tetap Memiliki Dua Kutub. Sumber Unsplash/Maria Cappelli
Ilustrasi Potongan-Potongan Kecil Magnet Tetap Memiliki Dua Kutub. Sumber Unsplash/Maria Cappelli

Salah satu sifat magnet adalah potongan-potongan kecil magnet tetap memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Diambil dari buku Cerdas Sains Kelas 4-6 SD, Yuliand Setyaningtyas (2009:121), berikut adalah 5 sifat magnet yang perlu diketahui.

1. Bila bergerak bebas, kutub magnet akan menunjukkan arah utara dan selatan.

2. Magnet mempunyai kekuatan menarik yang dapat menembus suatu benda. Benda yang dapat ditembus kekuatannya adalah kaca dan kertas.

3. Magnet dapat menarik benda lain yang terbuat besi dan baja. Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda yang bersifat magnetis. Contohnya adalah paku dan besi.

Benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda nonmagnetis. Misalnya, aluminium, plastik, tembaga, emas, kayu, kaca, dan juga karet.

4. Selalu memiliki 2 kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Bahkan dalam potongan-potongan kecil magnet yang terbelah sekalipun, tetap akan ditemukan kedua kutub tersebut.

Kutub magnet yang menunjuk ke utara disebut kutub utara, sedangkan kutub magnet yang menunjuk ke selatan disebut kutub selatan.

Kekuatan magnet yang terbesar terletak di kutub-kutub magnet. Sifat arah kutub magnet inilah yang menjadi prinsip dasar kompas sebagai penunjuk arah.

5. Apabila 2 kutub yang sama dari magnet yang berbeda didekatkan, maka kedua magnet akan saling tolak menolak.

Tetapi, jika 2 kutub magnet yang berbeda saling didekatkan, maka yang akan terjadi antara kedua magnet tersebut adalah saling tarik menarik.

Baca juga: Peristiwa yang Terjadi Jika Dua Kutub Magnet Sejenis Berdekatan

Magnet selalu memiliki dua kutub,yaitu kutub utara, dan kutub selatan. Apabila suatu magnet dilakukan pemotongan, maka potongan-potongan kecil magnet tetap memiliki dua kutub tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, ya. (DK)

Media files:
01hfcc3jrqkjtnztcwsrn2zh0j.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar