Search This Blog

Cara Meneladani Allah Al-Alim dalam Kehidupan Sehari-hari bagi Umat Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Meneladani Allah Al-Alim dalam Kehidupan Sehari-hari bagi Umat Islam
Oct 1st 2023, 18:06, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Cara Meneladani Allah Al-Alim dalam Kehidupan Sehari-hari. Foto: dok. Unsplash/Madrosah Sunnah
Ilustrasi Cara Meneladani Allah Al-Alim dalam Kehidupan Sehari-hari. Foto: dok. Unsplash/Madrosah Sunnah

Cara meneladani Allah Al-Alim dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki diri sehingga menjadi pribadi muslim yang taat dan selalu dirahmati oleh Allah.

Al-Alim merupakan salah satu nama Allah yang tercantum dalam 99 asmaul husna. Nama Al-Alim dapat diteladani dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara rajin menimba ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Cara Meneladani Allah Al-Alim dalam Kehidupan Sehari-

Ilustrasi Cara Meneladani Allah Al-Alim dalam Kehidupan Sehari-hari. Foto: dok. Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
Ilustrasi Cara Meneladani Allah Al-Alim dalam Kehidupan Sehari-hari. Foto: dok. Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Mengutip buku berjudul Rahasia Keajaiban Asmaul Husna, Syafi'ie el-Bantanie (2009: 39), Al-Alim secara bahasa berasal dari kata "ilm" atau 'alima yang berarti sesuatu yang jelas.

Allah Al-Alim berarti Allah Maha Mengetahui segala sesuatu baik yang tampak maupun yang tersembunyi, baik yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi.

Nama Allah Al-Alim disebutkan dalam berbagai surat Alquran, salah satunya dalam ayat yang berbunyi sebagai berikut:

وَعِندَهُۥ مَفَاتِحُ ٱلْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَآ إِلَّا هُوَ ۚ وَيَعْلَمُ مَا فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ ۚ وَمَا تَسْقُطُ مِن وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِى ظُلُمَٰتِ ٱلْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ
Artinya: Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)" (QS. Al An'am: 59)

Seperti nama baik lainnya yang dimiliki Allah, nama Al-Alim juga dapat diteladani dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara meneladani Allah Al-Alim dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan giat menuntut ilmu.

Ilmu membuat seseorang mengetahui banyak hal sehingga tidak berada dalam kegelapan (kebodohan). Dengan mempelajari banyak ilmu, seseorang dapat menjalankan ajaran agama dengan baik.

Tak hanya itu, dengan menimba ilmu seseorang akan dinaikkan derajatnya baik di pandangan manusia maupun di sisi Allah. Selain rajin menimba ilmu, terdapat cara lainnya yang dilakukan untuk meneladani nama baik Allah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara meneladani sifat Allah Al-Alim lainnya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diterapkan bagi umat Islam selain menuntut ilmu:

  • Menjauhi larangan Allah dan hal-hal yang dilarang dalam kehidupan seperti larangan hukum negara, dan lain sebagainya.

  • Menghindari perilaku berbohong dan selalu mengatakan hal yang benar

  • Menghindari berprasangka buruk baik terhadap Allah maupun sesama manusia

  • Mau mengajarkan teman yang belum memahami suatu ilmu yang dipelajarinya

  • Mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh

  • Menghindari sifat malas yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain

Baca juga: Arti Al-Wahid dalam Asmaul Husna dan Dalilnya

Cara meneladani Allah Al-Alim dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam artikel ini dapat membantu umat muslim untuk memperbaiki diri sehingga menjadi probadi yang jauh lebih baik di mata Allah dan sesama manusia. (DAP)

Media files:
01hbn3nkmepdj4s63zjx5mz3gc.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar