Search This Blog

6 Daerah di Sumsel Rawan Netralitas ASN pada Pilkada 2024

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
6 Daerah di Sumsel Rawan Netralitas ASN pada Pilkada 2024
Oct 1st 2023, 19:14, by W Pratama, Urban Id

Ilustrasi ASn. (foto: Shutterstock)
Ilustrasi ASn. (foto: Shutterstock)

Bawaslu Sumsel mencatat ada 6 daerah rawan netralitas aparatur sipil negara (ASN) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan, mengatakan ketidaknetralitasan ASN pada Pemilu tidak terlalu, tapi yang paling gencar pada Pilkada apalagi dilakukan pelaksanaannya serentak.

Menurutnya, 6 daerah yang rawan netralitas ASN yakni Kota Lubuklinggau dengan skor IKP 8,65, Musi Rawas 5,29, Muratara 2,88, Ogan Komering Ulu (OKU) 1,92, Ogan Ilir 1,92, dan Muara Enim 0,92.

"Penyebabnya karena banyak faktor karena hampir seluruh daerah itu berpotensi soal dugaan netralitas ASN ini. Banyak faktor-faktor lain yang mendorong itu ikut terlibat di tahapan pilkada," katanya.

Berdasarkan data Pemilu dan Pilkada sebelumnya ada 2 daerah di Sumsel yang rawan ketidaknetralitasan ASN yakni, Musi Rawas dan Muba.

"Tapi tidak menutup kemungkinan daerah lain juga berpotensi karena 2024 serentak di November karena ada beberapa kepala daerah yang mencalonkan kembali di Pilkada," katanya.

Kurniawan bilang, pada pemilu dan pilkada sebelumnya ada 156 laporan dan jumlah temuan 23 dengan total 179. Sementara, untuk Sumsel sendiri pada Pemilu dan Pilkada ketidaknetralitasan ASN berada dalam kategori sedang.

Media files:
01hbnjcpc0w9j4q5pf7fvryxg1.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar