Search This Blog

Pengertian dan Jenis-Jenis Sumber Daya Modal

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian dan Jenis-Jenis Sumber Daya Modal
Aug 13th 2023, 17:47, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sumber Daya Modal. Sumber: Unsplash/micheile henderson
Ilustrasi Sumber Daya Modal. Sumber: Unsplash/micheile henderson

Sumber daya modal adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Dalam proses produksi, sumber daya modal sangat diperlukan.

Keberadaan modal sangat diperlukan untuk memulai sebuah bisnis. Sumber daya ini bukan hanya berupa uang, melainkan mencakup teknologi, peralatan, informasi, dan fasilitas fisik.

Pengertian Sumber Daya Modal

Ilustrasi Sumber Daya Modal. Sumber: Unsplash/micheile henderson
Ilustrasi Sumber Daya Modal. Sumber: Unsplash/micheile henderson

Sumber daya modal merupakan bagian dari sumber daya ekonomi yang berperan dalam berjalannya sebuah perekonomian.

Pengertian modal atau capital adalah suatu barang yang diproduksi oleh alam atau manusia untuk bisa membantu melakukan produksi barang lain yang diperlukan oleh manusia untuk mendatangkan keuntungan.

Modal adalah suatu hal yang sangat penting dalam suatu perusahaan atau bisnis. Tanpa adanya modal, maka bisnis tidak bisa bergerak seperti seharusnya.

Modal diperlukan dalam berbagai skala bisnis, mulai dari bisnis berskala besar ataupun berskala kecil.

Jadi, pengertian modal adalah suatu aset utama perusahaan dalam menjalankan bisnis yang umumnya berbentuk dana, aset, atau utang. Dengan begitu, maka proses produksi hingga pemasaran perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Jenis-Jenis Modal

Ilustrasi Sumber Daya Modal. Sumber: Unsplash/Alexander Mils
Ilustrasi Sumber Daya Modal. Sumber: Unsplash/Alexander Mils

Terdapat beberapa jenis modal yang dipisahkan berdasarkan kategorinya, yaitu:

1. Jenis Modal berdasarkan Sumber.

Berdasarkan sumbernya, modal terbagi menjadi dua, yakni modal internal dan modal eksternal.

  • Modal Internal Modal internal adalah modal yang berasal dari kekayaan pemilik perusahaan, modal para pemegang saham, penjualan surat berharga, atau modal yang didapatkan dari laba perusahaan.

  • Modal eksternal Modal eksternal adalah modal yang didapatkan selain dari kekayaan perusahaan. Modal tersebut bisa didapatkan dari investor atau kreditur seperti bank, koperasi, pinjaman personal.

2. Jenis Modal berdasarkan Pemiliknya

Berdasarkan pemiliknya, modal terbagi menjadi dua, yaitu modal sosial dan modal perseorangan.

  • Modal Sosial Modal sosial adalah modal yang dimiliki oleh masyarakat yang nantinya modal tersebut akan mampu memberikan keuntungan untuk mereka dalam melakukan operasional produksi. Contoh dari modal sosial adalah jalan raya, jembatan, pasar, pelabuhan, dll.

  • Modal Perseorangan Jenis modal perseorangan adalah modal yang diperoleh dari mereka yang memiliki fungsi untuk memudahkan berbagai aktivitas dan akan memberikan laba pada pemiliknya. Contoh dari modal perseorangan ini adalah deposito, properti pribadi, saham, dll.

3. Jenis Modal berdasarkan Wujudnya

Jika ditinjau dari wujudnya, modal terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • Modal Konkret (Aktif) Modal konkret atau modal aktif adalah modal yang dapat dilihat secara kasat mata dan berwujud. Contoh modal konkret adalah uang, bahan baku, gedung atau tempat usaha, kendaraan, mesin, gudang, dan lain-lain.

  • Modal Abstrak (Pasif) Modal abstrak adalah modal usaha yang tidak dapat dilihat secara kasat mata. Nilainya susah ditakar langsung. Meskipun demikian, modal abstrak sangat penting bagi keberlangsungan jalannya perusahaan.

4. Modal berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, jenis modal terbagi menjadi dua jenis, yaitu modal tetap dan modal lancar.

  • Modal Tetap Modal tetap adalah modal yang bisa digunakan untuk keperluan kegiatan produksi dalam kurun waktu yang lama atau untuk beberapa kali proses. Contoh modal tetap adalah gedung, tanah, kendaraan, laptop, mesin, dll.

  • Modal Lancar Mengutip buku Ekonomi: Jilid 1, Drs. Deliarnov, M.Sc., (49), modal lancar adalah modal yang digunakan sekali saja dalam prses produksi. Contohnya adalah bahan bakar, bahan baku, dll.

Baca Juga: Faktor Produksi Paling Utama Menurut Pendekatan Secara Ekonomi

Sumber daya modal dalam definisinya yang paling luas adalah segala sesuatu yang sudah diproduksi yang akan digunakan untuk memproduksi barang atau jasa lainnya. (glg)

Media files:
01h7p9jctcmkdfd13dz3qvp9a6.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar