Search This Blog

5 Kegiatan Pramuka Penggalang dan Manfaatnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Kegiatan Pramuka Penggalang dan Manfaatnya
Aug 13th 2023, 18:16, by Berita Terkini, Berita Terkini

FIlustrasi kegiatan pramuka penggalang, Sumber: Pexels/Maël  BALLAND
FIlustrasi kegiatan pramuka penggalang, Sumber: Pexels/Maël BALLAND

Pramuka Penggalang adalah tingkatan pramuka untuk anak usia 11-15 tahun. Kegiatan pramuka penggalang menawarkan berbagai pelajaran dan pengalaman yang bermanfaat bagi perkembangan pribadi dan sosial.

Dalam setiap langkah kegiatannya, pramuka penggalang dihadapkan pada tantangan-tantangan yang merangsang pertumbuhan kepribadian, seperti kegiatan eksplorasi alam, kemah, dan kerajinan tangan.

Kegiatan Pramuka Penggalang

Ilustrasi kegiatan pramuka penggalang, Sumber: Pexels/cottonbro studio
Ilustrasi kegiatan pramuka penggalang, Sumber: Pexels/cottonbro studio

Mengutip dari situs kemdikbud.go.id, tujuan kegiatan Pramuka Penggalang adalah untuk mendorong para peserta didik berperan aktif di kegiatan kepramukaan di sekolahnya serta membentuk manusia yang berbudi pekerti dan berakhlak mulia.

Kegiatan Pramuka Penggalang memiliki manfaat yang luas bagi perkembangan pribadi dan sosial para anggotanya. Belajar tentang kerja sama, kemandirian, cinta alam, ketrampilan, empati dan kepemimpinan melalui pengalaman-pengalaman berharga ini.

1. Kerajinan Tangan

Pramuka Penggalang diajarkan untuk membuat berbagai kerajinan, seperti tali temali, kerajinan dari bahan daur ulang, dan lainnya.

Kegiatan ini melatih kreativitas dan keterampilan motorik halus. Selain itu, ini juga dapat menjadi dasar bagi perkembangan minat di masa depan.

2. Pelatihan Kepemimpinan

Kegiatan yang tidak kalah penting adalah pelatihan kepemimpinan. Pramuka Penggalang diberikan peluang untuk memimpin kegiatan, mengambil keputusan dan mengelola tim.

Kegiatan ini membantu mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang akan bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan.

3. Kemah

Salah satu kegiatan utama Pramuka Penggalang adalah kemah atau perkemahan. Dalam kemah, para penggalang belajar tentang kerja sama tim, kemandirian dan keterampilan bertahan hidup.

Belajar membangun tenda, memasak, serta mengatasi tantangan alam yang mungkin dihadapi. Manfaat utama dari kegiatan ini adalah pengembangan kemampuan adaptasi, rasa tanggung jawab dan kemandirian.

4. Pengabdian Masyarakat

Penggalang juga dilibatkan dalam kegiatan sosial seperti pengabdian masyarakat. Peserta terlibat dalam berbagai kegiatan amal, seperti mengunjungi panti jompo, membersihkan lingkungan atau membantu korban bencana. Melalui kegiatan ini, peserta belajar mengembangkan empati, rasa peduli dan kesadaran sosial.

5. Hiking

Melalui hiking, penggalang dapat memahami keindahan alam dan memperdalam pemahaman tentang lingkungan. Peserta juga belajar menghormati alam serta memahami pentingnya pelestarian lingkungan. Selain itu, hiking juga meningkatkan kesehatan fisik dan kebugaran, serta membangun ketahanan mental.

Baca juga: Struktur Organisasi Gerakan Pramuka beserta Tugas-Tugasnya

Itulah 5 kegiatan pramuka penggalang yang wajib diikuti beserta berbagai manfaatnya yang baik. Manfaat kegiatan ini akan membantu anak-anak menjadi individu yang lebih tangguh, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar. (RIZ)

Media files:
01h7pr0eyxn4h0zmd7psk0dc6p.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar