Search This Blog

Sinonim Evolusi dan Antonimnya sesuai KBBI

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sinonim Evolusi dan Antonimnya sesuai KBBI
Jun 25th 2023, 20:03, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi sinonim evolusi dan antonimnya, sumber foto: Joshua Hoehne/Unsplash.com
Ilustrasi sinonim evolusi dan antonimnya, sumber foto: Joshua Hoehne/Unsplash.com

Sinonim dan antonim merupakan materi yang ada pada pelajaran bahasa Indonesia. Materi ini sangat berguna, karena bisa membantu menyampaikan informasi dengan lebih variatif. Misalnya adalah sinonim evolusi dan antonimnya.

Dengan mengetahui sinonim dan antonim dari kata evolusi, maka bisa menyampaikan informasi yang menggunakan kata tersebut dengan kata yang lebih mudah dimengerti. Tapi untuk mengetahui sinonim dan antonimnya, harus tahu arti dari kata evolusi lebih dulu.

Sinonim Evolusi dan Antonimnya dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi sinonim evolusi dan antonimnya, sumber foto: Romain Vignes/Unsplash.com
Ilustrasi sinonim evolusi dan antonimnya, sumber foto: Romain Vignes/Unsplash.com

Dikutip dari buku Kamus Pintar Sinonim Antonim dan EYD Indonesia karya Aisyah Atikah Deasy dan Ganessa Putri, (2015) dijelaskan bahwa sinonim adalah persamaan kata. Yaitu sebuah kata yang memiliki bentuk berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip.

Sementara itu antonim atau lawan kata adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lainnya. Lalu apa sinonim evolusi dan antonimnya dalam bahasa Indonesia?

Hal pertama untuk mengetahui sinonim dan antonimnya, harus mengetahui arti kata evolusi lebih dulu. Dikutip dari KBBI Online (https://kbbi.kemdikbud.go.id/) kata evolusi memiliki arti perubahan (pertumbuhan, perkembangan) secara berangsur-angsur dan perlahan-lahan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa sinonim dari kata evolusi adalah kemajuan, perkembangan, pertumbuhan, dan perubahan. Sementara itu untuk antonimnya adalah degradasi atau kemunduran, penurunan dan kemerosotan.

Sinonim dan Antonim Lainnya

Ilustrasi Sinonim Evolusi, Foto Unsplash Rey Seven
Ilustrasi Sinonim Evolusi, Foto Unsplash Rey Seven

Agar lebih memahami mengenai materi sinonim dan antonim, berikut adalah beberapa contoh sinonim dan antonim selain kata evolusi dalam bahasa Indonesia:

  1. Sinonim kata "mulia" adalah "agung". Contoh kalimat: Kakek adalah sosok yang mulia, penuh dengan kebijaksanaan.

  2. Sinonim kata "santai" adalah "tenang". Contoh kalimat: Di tepi pantai, suasana begitu santai dan tenang, membiarkan pikiran kita bersantai.

  3. Sinonim kata "cerdas" adalah "pintar". Contoh kalimat: Anak itu sangat cerdas, ia dengan cepat menyelesaikan semua soal matematika.

  4. Antonim kata "besar" adalah "kecil". Contoh kalimat: Ibu memberikan sepotong kecil kue kepada adik, sedangkan kakak mendapatkan potongan besar.

  5. Antonim kata "tinggi" adalah "rendah". Contoh kalimat: Meja itu terlalu rendah untuk digunakan, kami perlu menaikkannya agar lebih nyaman.

  6. Antonim kata "panas" adalah "dingin". Contoh kalimat: Saat musim dingin tiba, suhu udara di luar sangat dingin dan kita harus mengenakan pakaian hangat.

Baca juga: Definisi dan Sinonim Sementara dalam Bahasa Indonesia

Demikian adalah pembahasan mengenai sinonim evolusi dan antonimnya sesuai dengan KBBI. Dengan mempelajari materi tersebut bisa menambah perbendaharaan kata bahasa Indonesia. (WWN)

Media files:
01h3rd6mphnjw4e74165jmthek.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar