Search This Blog

Penjelasan BMKG Tentang Cuaca Terasa Lebih Terik di Wilayah Lampung

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan BMKG Tentang Cuaca Terasa Lebih Terik di Wilayah Lampung
Mar 25th 2023, 15:47, by Sinta Yuliana, Lampung Geh

Analisi BMKG saat posisi matahari berasa tepat diatas garis equator pada (21/3) sehingga mempengaruhi kenaikan suhu di wilayah Lampung. | Foto: Dok BMKG Lampung
Analisi BMKG saat posisi matahari berasa tepat diatas garis equator pada (21/3) sehingga mempengaruhi kenaikan suhu di wilayah Lampung. | Foto: Dok BMKG Lampung

Lampung Geh, Lampung Selatan - Kondisi cuaca panas dan gerah yang terjadi di sejumlah wilayah Lampung disebabkan posisi semu matahari berada di utara ekuator.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Lampung, Rudi Harianto. Ia mengatakan posisi matahari itu menandakan sebagian wilayah Lampung akan masuk musim kemarau.

"Berdasarkan analisis BMKG, hal itu mengakibatkan tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi," katanya.

Rudi menambahkan suhu udara di wilayah Lampung mencapai 22,0 °C – 32,0 °C, sementara untuk wilayah barat Lampung 15,0 °C – 28,0 °C.

"Kemudian kondisi dinamika atmosfer juga mempengaruhi, dimana pada karena pertengahan Maret hingga April beberapa wilayah di Indonesia mulai masuk pancaroba. Kondisi angin yang membawa udara kering dari Australia juga memberikan kontribusi dalam peningkatan suhu pada siang hari," ujarnya.

Namun, meski cuaca di wilayah Lampung panas, BMKG memastikan bukanlah fenomena gelombang panas.

"Kalau gelombang panas biasanya terjadi di wilayah Eropa dan Amerika yang dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer di lintang menengah. Sedangkan yang terjadi di wilayah Indonesia adalah fenomena kondisi suhu panas atau terik dalam skala variabilitas harian," pungkasnya. (Yul/Put)

Media files:
01gwbyv5ksj7w4g8gytgwb95v3.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar