Search This Blog

Lawan Kata Nomadik dalam Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Lawan Kata Nomadik dalam Bahasa Indonesia
Mar 12th 2023, 19:12, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi lawan kata nomadik. Sumber: www.unsplash.com.
Ilustrasi lawan kata nomadik. Sumber: www.unsplash.com.

Lawan kata nomadik yang benar dalam bahasa Indonesia sering muncul dalam soal-soal ujian perguruan tinggi dan tes CPNS. Namun demikian, kata ini jarang muncul dalam percakapan sehari-hari.

Masyarakat lebih akrab dengan istilah nomaden karena pelajaran sejarah di sekolah tentang cara hidup nenek moyang tersebut begitu melekat. Di bawah ini adalah pengertian nomadik yang memiliki hubungan dengan kata nomaden serta lawan katanya.

Baca juga: Pengertian dan Antonim Loyalitas dalam Bahasa Indonesia

Lawan Kata Nomadik

Dalam KBBI, kata nomaden dan nomadik diartikan sama, yaitu berpindah-pindah. Nomadik menggambarkan bangsa pengembara, yang hidup dengan berpindah-pindah tempat. Dengan demikian, lawan kata dicari adalah yang menggambarkan hidup yang tidak berpindah-pindah tempat.

Dalam buku Kitab Super Lengkap EYD dan Tata Bahasa Indonesia (2015) yang disusun oleh Rahma Fitri menyebutkan bahwa lawan kata nomadik adalah menetap.

Dalam KBBI, menetap artinya bertempat tinggal tetap. Dengan demikian, bahwa lawan kata nomadik adalah menetap telah dikonfirmasi kebenarannya.

Seputar Nomadik dan Lawan Katanya

Ilustrasi lawan kata nomadik. Sumber: www.unsplash.com.
Ilustrasi lawan kata nomadik. Sumber: www.unsplash.com.

Di awal peradaban, manusia hidup secara nomaden. Di jaman modern ini, makin banyak manusia yang kembali hidup nomaden. Bedanya, manusia jaman sekarang tidak bercocok tanam, melainkan bekerja dari rumah.

Pandemi telah banyak mengubah gaya hidup masyarakat hingga muncul istilah digital nomad. Sebagai digital nomad, masyarakat bisa bekerja dari mana saja, bahkan sambil berkemah. Konsep rumah pun berubah, tidak harus berbentuk bangunan untuk menetap selama puluhan tahun.

Kehidupan nomadik pada masa modern didukung oleh jaringan internet yang makin mudah diakses dan perangkat elektronik yang makin mudah ditenteng. Bekerja sambil berkeliling Indonesia atau bahkan dunia bersama keluarga dicita-citakan oleh banyak keluarga muda. Mereka mendambakan keluaraga yang memiliki ikatan kuat dengan cara selalu bersama-sama tapi dengan kondisi ekonomi yang terjamin pula.

Konsep belajar dengan menetap di sebuah sekolah bertahun-tahun sampai lulus juga sudah berubah. Belakangan makin banyak orang tua yang memilih home schooling bagi pendidikan anak-anak mereka. Anak-anak bisa bersekolah dari mana saja dengan pengawasan orang tua mereka sendiri.

Lawan kata nomadik bukan hanya sebagai salah satu nomor soal di berbagai ujian atau tes. Nomadik dan menetap merupakan gaya hidup yang sama-sama dipertimbangkan oleh keluarga-keluarga masa kini. (LUS)

Media files:
01gv7372jskj1cq904rp26382v.png (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar