Search This Blog

Penjelasan tentang Norma Kebiasaan Lengkap dengan Contohnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan tentang Norma Kebiasaan Lengkap dengan Contohnya
Nov 17th 2023, 18:51, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Norma Kebiasaan. Foto: dok. Unsplash/Tyler Morgan
Ilustrasi Norma Kebiasaan. Foto: dok. Unsplash/Tyler Morgan

Jelaskan tentang norma kebiasaan! Norma kebiasaan merupakan salah satu jenis norma yang berlaku dalam masyarakat. Seperti norma lainnya, norma kebiasaan juga memiliki sanksi bagi siapapun yang melanggarnya.

Sebelum mengetahui norma kebiasaan beserta pengertian dan contoh penerapannya dalam masyarakat, penting untuk diketahui definisi dari norma itu sendiri.

Pembahasan tentang Norma Kebiasaan Lengkap dengan Contoh Penerapannya

Ilustrasi Norma Kebiasaan. Foto: dok. Unsplash/Artem Beliaikin
Ilustrasi Norma Kebiasaan. Foto: dok. Unsplash/Artem Beliaikin

Norma dikenal sebagai suatu panduan yang berlaku dalam masyarakat. Dikutip dari buku berjudul Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat, Bagja Waluya (2007:31), norma merupakan pedoman atau patokan bagi perilaku dan tindakan seseorang atau masyarakat yang bersumber pada nilai.

Dalam masyarakat, terdapat berbagai norma sosial yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah norma kebiasaan.

Jelaskan tentang norma kebiasaan! Norma kebiasaan adalah norma yang telah dilakukan secara berulang-ulang sehingga terbentuk menjadi suatu aturan yang berlaku dalam masyarakat secara umum.

Lebih lanjut, pengertian norma kebiasaan dibahas dalam buku berjudul Big Book SBMPTN Soshum 2016, Dewi Rossalia, M.Pd., Moch. Amin Mukhyiddin, Lusi Susilawati, Nurul Hudha, Alvina Kusuma, Muh. Amien, Adip M.S., Estiwi R.P., Yuli Pratiwi, Triyani, D. C. Ningsih (2015: 158).

Dikutip dari buku tersebut bahwa norma kebiasaan adalah sekumpulan peraturan sosial yang berisi petunjuk atau peraturan yang dibuat secara sadar atau tidak tentang perilaku yang diulang-ulang sehingga perilaku tersebut menjadi kebiasaan individu.

Seseorang yang melanggar norma kebiasaan akan mendapatkan celaan, kritik, dan pengucilan secara batin oleh masyarakat setempat. Contoh penerapan norma kebiasaan dalam masyarakat antara lain:

  • Selalu membawa oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat setelah pergi dari daerah yang jauh

  • Selalu berjabat tangan ketika bertemu

  • Mengucapkan salam ketika bertamu ke rumah orang lain

  • Mendahulukan orang lanjut usia atau ibu hamil untuk antre

  • Menggunakan kata dan kalimat yang lebih sopan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua

  • Mengetuk kamar kakak atau adik ketika akan masuk ke dalam kamar

  • Larangan anak-anak untuk bermain di luar rumah ketika menjelang malam

Baca juga: Memahami Norma Formal Lengkap dengan Contohnya

Dengan pembahasan jelaskan tentang norma kebiasaan yang disajikan lengkap dengan pengertian dan contohnya, siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran, khususnya tentang norma. (DAP)

Media files:
01hfebng52688t8mn6wdjz2w3k.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar