Search This Blog

Analisis Tujuan Pembelajaran Sosiologi Kelas X Kurikulum Merdeka

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Analisis Tujuan Pembelajaran Sosiologi Kelas X Kurikulum Merdeka
Dec 17th 2024, 11:36, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Tujuan Pembelajaran Sosiologi Kelas X Kurikulum Merdeka                                  Sumber Unsplash/Kenny Eliason
Ilustrasi Tujuan Pembelajaran Sosiologi Kelas X Kurikulum Merdeka Sumber Unsplash/Kenny Eliason

Siswa kelas 10 akan memulai pembelajaran Sosiologi dengan mempelajari ruang lingkupnya sebagai ilmu pengetahuan. Tujuan pembelajaran Sosiologi kelas X Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menjadi dasar dalam memahami keseluruhan materi.

Berdasarkan buku Sosiologi 1 SMA Kelas X, Andreas Soeroso (2008:10), Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu socius (masyarakat) dan logos (ilmu). Secara etimologi, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan hubungannya dalam lingkungan sosial.

13 Tujuan Pembelajaran Sosiologi Kelas X Kurikulum Merdeka

Ilustrasi Tujuan Pembelajaran Sosiologi Kelas X Kurikulum Merdeka                                  Sumber Unsplash/Zayyinatul Millah
Ilustrasi Tujuan Pembelajaran Sosiologi Kelas X Kurikulum Merdeka Sumber Unsplash/Zayyinatul Millah

Analisis tujuan pembelajaran yang tepat akan memudahkan tenaga pendidik dalam mewujudkan capaian pembelajaran. Berikut adalah 13 tujuan pembelajaran Sosiologi kelas X Kurikulum Merdeka.

  1. Peserta didik mampu memahami fungsi Sosiologi sebagai ilmu untuk mengkaji kehidupan masyarakat dengan berbagai perspektif kajian teori dan pendapat pribadi.

  2. Peserta didik mampu melakukan identifikasi berbagai ragam gejala sosial di lingkungan sekitar melalui metode ilmiah.

  3. Peserta didik mampu mengenal konsep identitas diri dalam berbagai konteks dan memberikan contoh nyata penerapannya dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

  4. Peserta didik mampu membuat laporan pemetaan identitas diri sebagai entitas dalam kehidupan bermasyarakat.

  5. Peserta didik mampu menjelaskan konsep tindakan sosial dan menyimpulkannya sebagai bagian dari proses hubungan dengan orang lain dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

  6. Peserta didik mampu melakukan studi penelitian lapangan tentang berbagai fenomena tindakan sosial yang terjadi di masyarakat.

  7. Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk hubungan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat melalui pengamatan, serta melaporkan hasil pengamatan secara ilmiah.

  8. Peserta didik mampu menjelaskan peran lembaga sosial dalam kehidupan sosial masyarakat dan menghubungkannya dalam upaya mewujudkan keteraturan dan tata tertib sosial.

  9. Peserta didik mampu melakukan studi investigasi berbagai peran lembaga sosial dalam kehidupan sosial secara nyata.

  10. Peserta didik mampu memahami ragam gejala sosial sebagai dinamika dalam kehidupan masyarakat mutikutural.

  11. Peserta didik mampu mengevaluasi berbagai gejala sosial dengan berdasarkan pada fakta-fakta sosial yang aktual terjadi di masyarakat.

  12. Peserta didik mampu melakukan penelitian sosial sederhana dengan memilih metode yang tepat dan mengkomunikasikan hasil penelitian tentang ragam gejala sosial.

  13. Peserta didik mampu merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan dalam ruang lingkup Sosiologi secara kolaboratif.

Baca juga: 5 Tujuan Pembelajaran Emosional dalam Pendidikan

Demikian 13 tujuan pembelajaran Sosiologi kelas X Kurikulum Merdeka. Sebagai bagian dari anggota masyarakat, peserta didik diharapkan mampu memahami Sosiologi untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.(DK)

Media files:
01jf7ns4052s5wz49egzq8a1f3.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar