Dec 17th 2024, 11:36, by Berita Terkini, Berita Terkini
Siswa kelas 10 akan memulai pembelajaran Sosiologi dengan mempelajari ruang lingkupnya sebagai ilmu pengetahuan. Tujuan pembelajaran Sosiologi kelas X Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menjadi dasar dalam memahami keseluruhan materi.
Berdasarkan buku Sosiologi 1 SMA Kelas X, Andreas Soeroso (2008:10), Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu socius (masyarakat) dan logos (ilmu). Secara etimologi, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan hubungannya dalam lingkungan sosial.
13 Tujuan Pembelajaran Sosiologi Kelas X Kurikulum Merdeka
Analisis tujuan pembelajaran yang tepat akan memudahkan tenaga pendidik dalam mewujudkan capaian pembelajaran. Berikut adalah 13 tujuan pembelajaran Sosiologi kelas X Kurikulum Merdeka.
Peserta didik mampu memahami fungsi Sosiologi sebagai ilmu untuk mengkaji kehidupan masyarakat dengan berbagai perspektif kajian teori dan pendapat pribadi.
Peserta didik mampu melakukan identifikasi berbagai ragam gejala sosial di lingkungan sekitar melalui metode ilmiah.
Peserta didik mampu mengenal konsep identitas diri dalam berbagai konteks dan memberikan contoh nyata penerapannya dalam kehidupan sosial bermasyarakat.
Peserta didik mampu membuat laporan pemetaan identitas diri sebagai entitas dalam kehidupan bermasyarakat.
Peserta didik mampu menjelaskan konsep tindakan sosial dan menyimpulkannya sebagai bagian dari proses hubungan dengan orang lain dalam kehidupan sosial bermasyarakat.
Peserta didik mampu melakukan studi penelitian lapangan tentang berbagai fenomena tindakan sosial yang terjadi di masyarakat.
Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk hubungan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat melalui pengamatan, serta melaporkan hasil pengamatan secara ilmiah.
Peserta didik mampu menjelaskan peran lembaga sosial dalam kehidupan sosial masyarakat dan menghubungkannya dalam upaya mewujudkan keteraturan dan tata tertib sosial.
Peserta didik mampu melakukan studi investigasi berbagai peran lembaga sosial dalam kehidupan sosial secara nyata.
Peserta didik mampu memahami ragam gejala sosial sebagai dinamika dalam kehidupan masyarakat mutikutural.
Peserta didik mampu mengevaluasi berbagai gejala sosial dengan berdasarkan pada fakta-fakta sosial yang aktual terjadi di masyarakat.
Peserta didik mampu melakukan penelitian sosial sederhana dengan memilih metode yang tepat dan mengkomunikasikan hasil penelitian tentang ragam gejala sosial.
Peserta didik mampu merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan dalam ruang lingkup Sosiologi secara kolaboratif.
Demikian 13 tujuan pembelajaran Sosiologi kelas X Kurikulum Merdeka. Sebagai bagian dari anggota masyarakat, peserta didik diharapkan mampu memahami Sosiologi untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.(DK)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar