Search This Blog

Jenis dan Fungsi Musik Tradisional di Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jenis dan Fungsi Musik Tradisional di Indonesia
Jun 11th 2023, 18:37, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sebutkan Fungsi Musik Tradisional di Indonesia!. (Foto: Mitchell Luo | Unsplash.com)
Ilustrasi Sebutkan Fungsi Musik Tradisional di Indonesia!. (Foto: Mitchell Luo | Unsplash.com)

Sebutkan fungsi musik tradisional! Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan. Setiap daerah dari Sabang hingga Merauke memiliki kebudayaan dan juga bahasa yang berbeda-beda.

Kebudayaan tersebut melahirkan beragam jenis seni. Salah satunya adalah seni musik. Musik-musik yang digunakan oleh setiap daerah juga beragam. Maka dari itu, Indonesia memiliki banyak jenis musik tradisional.

Sebutkan Fungsi Musik Tradisional di Indonesia!

Ilustrasi Sebutkan Fungsi Musik Tradisional di Indonesia!. (Foto: Yuebirds || Unsplash.com)
Ilustrasi Sebutkan Fungsi Musik Tradisional di Indonesia!. (Foto: Yuebirds || Unsplash.com)

Setiap harinya kita mendengarkan lantunan musik. Musik-musik tersebut memiliki banyak jenis, salah satunya adalah musik tradisional. Mengutip buku Musik Tradisi di Era 4.0, Bramantyo, dkk (2023), musik tradisional merupakan kebiasaan bermusik yang dibuat, diturunkan, dipelihara, dikembangkan dalam sebuah komunitas atau masyarakat tertentu.

Musik tradisional tersebar di seluruh wilayah Tanah Air. Maka dari itu muncul pertanyaan "sebutkan fungsi musik tradisional di Indonesia!". Apa jawaban yang paling tepat?

1. Sarana Komunikasi

Musik tradisional menggunakan beragam alat musik. Alat-alat musik yang mengeluarkan suara tersebut merupakan sarana komunikasi. Berbagai alat dan pola bunyi ditujukan untuk memberitahukan bahwa terdapat suatu peristiwa, penanda waktu, hingga menunjukan bahwa terdapat kegiatan bersama.

2. Sarana Upacara Adat

Di berbagai daerah, musik tradisional digunakan sebagai sarana upacara adat. Upacara adat tersebut termasuk ritual kelahiran, perkawinan, upacara keadaan, hingga kematian.

3. Sarana Hiburan

Musik tradisional juga merupakan sarana hiburan. Musik tradisional digunakan sebagai pengiring tarian yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Ciri dan Jenis Musik Tradisional Indonesia

Ilustrasi Sebutkan Fungsi Musik Tradisional di Indonesia!. (Foto: Paul Cuoco | Unsplash.com)
Ilustrasi Sebutkan Fungsi Musik Tradisional di Indonesia!. (Foto: Paul Cuoco | Unsplash.com)

Di Indonesia ada banyak jenis musik tradisional. Contohnya adalah gambang kromong, keroncong, dan masih banyak lagi.

1. Gambang Kromong

Gambang kromong merupakan musik tradisional dari Betawi. Musik ini menggunakan alat musik yang berasal dari Cina dengan nada pentatonis. Berbeda dengan zaman dulu, saat ini gambang kromong sudah menggunakan unsur alat musik modern.

2. Gong Luang

Gong luang adalah musik tradisional yang berasal dari Bali. Musik ini cukup mirip dengan gendhing di Jawa. hanya saja gong luang lebih meriah.

3. Kombi

Kombi merupakan musik tradisional Papua. Musik ini menggunakan bambu yang berlubang dan diberi tali sayatan dari rotan. Musik ini bersuara gendang, namun tidak menggunakan tifa. Biasanya jenis musik ini digunakan sebagai sarana hiburan serta upacara adat.

Baca juga: 3 Jenis Tekanan Nada dalam Musik

Demikian jawaban dari pertanyaan "Sebutkan fungsi musik tradisional di Indonesia!". Ternyata di Indonesia terdapat banyak sekali jenis musik dan alat musik tradisional. (FAR)

Media files:
01h2md1nzjdke3mv1x23ptqja8.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar